Sukses

Satu Lagi Berdiri Taman Bermain dan Belajar Anak di Tebet

Satu lagi fasilitas untuk anak dibangun di Kelurahan Tebet Barat, Jakarta Selatan berupa Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Akasia.

Liputan6.com, Jakarta Satu lagi fasilitas untuk anak dibangun di Kelurahan Tebet Barat, Jakarta Selatan berupa Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Akasia. Uniknya, ruang publik seluas 2.400 meter persegi bukan saja dilengkapi dengan perpustakaan, taman bermain lapangan futsal, tapi juga ada taman dan kolam nutrisi serta amphiteater.

Berdirinya RPTRA di kawasan tersebut tak lepas dari peran Tanoto Foundation yang telah memberikan dukungan terbentuknya kota dan pemukiman yang inklusif, aman dan berkelanjutan.

"Dukungan kami ini sejalan dengan prinsip Tanoto Foundation yaitu belajar tidak harus di dalam kelas, tapi juga bisa dari lingkungan sekitar," ujar Sihol Aritonang, Ketua Pengurus Tanoto, melalui rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (21/10/2016).

Adanya RPTRA Akasia ini diharapkan anak-anak bisa bermain sambil belajar sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu juga orangtua bisa bersosialisasi serta mengeluarkan ide positif atas kegiatan anak-anak mereka.

Sementara itu, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Gubernur DKI Jakarta menjelaskan kesibukan orangtua di kota modern seperti Jakarta membuat orang tak lagi saling peduli. "Sebelum itu terjadi saya ingin setiap RW ada satu RPTRA sehingga ada fasilitas bagi warga untuk berkumpul, saling peduli, silaturahmi, dan saling berbagi. Keberadaan RPTRA sangat diperlukan masyarakat."

Ahok juga menyambut baik dukungan pihak swasta seperti Tanoto Foundation yang telah membantu pembangunan tujuh PAUD di sekitar RPTRA dengan menyediakan peralatan belajar dan bermain baik indoor maupun outdoor. Juga pelatihan untuk para guru agar dapat mengelola proses pembelajaran lebih baik.  

"Kami percaya bahwa pendidikan yang bermutu dan mudah diakses tersedia untuk semua lapisan umur. Kami menyadari bahwa perkembangan otak anak terjadi pada delapan tahun pertama setelah kelahiran," tandas Sihol.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini