Sukses

Kini Transjakarta Bisa Antar Jemput Penyandang Difabel

Liputan6.com, Jakarta PT Transjakarta meluncurkan layanan mobil jemput bagi difabel bernama Transjakarta Cares. Dengan kehadiran mobil ini, kaum difabel di DKI Jakarta bisa dijemput di titik keberadaan lalu diantar menuju halte ramah difabel Transjakarta terdekat.

"Jadi akan kita jemput dengan dengan mobil Transjakarta Cares ini dari rumah, sehingga dengan tambah bahagia bisa tambah panjang umur juga," ujar Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama saat peluncuran pada Rabu lalu ditulis Jumat (21/10/2016) seperti dikutip laman Berita Jakarta.

PT Transjakarta meluncurkan bus lower deck yang ramah bagi penyandang disabilitas. rABU (19/10/2016). (Delvira Chaerani Hutabarat/Liputan6.com)

Kehadiran mobil Transjakarta Cares ini diharapkan juga bisa membantu kaum difabel mendapatkan moda transportasi yang aman, nyaman, dan murah. "Kaum difabel juga warga Jakarta. Jadi mereka berhak mendapatkan fasilitas dan subsidi dari Pemprov DKI dalam pelayanan transportasi," kata Direktur Utama Transjakarta, Budi Kaliwono.

Untuk tahap awal, Transjakarta meluncurkan lima unit mobil dengan tujuh pramudi dan 20 satuan petugas. Dalam waktu dekat akan ada 40 unit kendaraan agar layanan ini lebih maksimal.

"Tahap awal Transjakarta Cares akan melayani dua zona yakni di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat, beroperasi pukul 08.00 sampai 17.00 wib setiap hari," kata Budi.

Untuk bisa mendapatkan layanan ini penyandang difabel bisa memesan dengan menghubungi call center (021) 1500 102. Nanti mobil Transjakarta Cares akan datang menjemput di titik keberadaan kemudian mengantar ke halte ramah difabel terdekat untuk meneruskan perjalanannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini