Sukses

7 Cara Terbaik Mengekang Hasrat 'Ngemil' di Malam Hari

Bagaimana cara untuk mengekang keinginan untuk mendapatkan camilan tersebut?

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi kudapan memang enak, apalagi jika di rumah ada makanan seperti cokelat, kue, atau bahkan keripik gurih. Namun meski enak, makanan ringan ini dapat menambah berat badan.

Dilansir dari Womenshealth, Jumat (21/10/2016), berikut ini adalah beberapa saran yang diberikan oleh para ahli yang mungkin dapat membantu Anda dalam menahan camilan, seperti:

1. Sarapan penuh protein

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition, dengan menu sarapan yang kaya akan protein sehat, Anda akan membuat pilihan makanan sehat sepanjang hari. Bahkan hasrat untuk mengonsumsi makanan dan minuman manis, berkurang.

“Untuk mendapat banyak manfaat protein, makan setidaknya 30 gram protein dalam menu sarapan Anda,” ujar ahli gizi dari Medifast California, Cara Walsh, RD.

2. Makan lebih banyak di siang hari atau sore hari

Tergoda untuk tidak makan saat siang, dan malah menunggu hingga waktu makan malam? Lebih baik jangan lakukan itu. Karena jika Anda tak cukup makan saat siang hari, hal ini akan membuat Anda membuat Anda makan lebih banyak dan sering mengambil camilan saat malam hari.

3. Makan camilan yang sulit dikonsumsi

Jika misalnya Anda suka makan keripik, atau mungkin biskuit yang mudah habis saat dikonsumsi, lain kali pilih sesuatu yang membuat Anda jadi makan secara perlahan.

“Jika saya sangat lapar, saya akan makan 100 kalori dari kacang pistachio. Kacang ini berada di dalam kulit yang keras, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengeluarkannnya dan memakannya. Hal ini akan mengurangi risiko mengunyah terus menerus tanpa berpikir sudah berapa banyak makanan yang masuk ke tubuh,” ujar ahli gizi, Amy Gorin, RD.

4. Lihat apa saja yang Anda makan

Sebelum Anda meraih sekantong keripik atau sekotak kue, lebih baik cek dulu apa yang sudah Anda makan. “Apakah Anda sudah makan cukup buah? Apakah Anda sudah makan sayuran? Bagaimana asupan protein Anda? jika Anda kurang dalam hal ini, lebih baik konsumsi makanan tersebut terlebih dahulu,” ujar ahli gizi terdaftar, Sarah Pflugradt, RD. Coba konsumsi 100 kalori buah, sayuran, atau protein dan minum segelas air.

5. Makan pisang dibaluri cokelat meleleh

"Setengah pisang dingin yang dicelupkan dalam lelehan cokelat, memiliki rasa yang sangat menakjubkan, bahkan makanan ini mengandung magnesium dan kalium untuk membantu otot Anda rileks dan memberikan karbohidrat untuk membantu Anda tertidur,” ujar ahli gizi Chelsea Fuchs, RD.

6. Pikirkan kembali rasa lapar Anda

“Sebelum meraih camilan, tanyakan dulu pada diri sendiri, apakah Anda benar-benar lapar atau Anda hanya ingin mencoba mengisi waktu? Jika Anda benar-benar lapar, tidak apa-apa untuk mengambil kudapan. Namun jika Anda hanya ingin mencari sesuatu untuk dilakukan, coba sibukkan diri Anda dengan buku, majalah, atau kegiatan lainnya. ” ujar pelatih kesehatan bersertifikat, Nicole Granato.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini