Sukses

Turunkan Tekanan Darah dengan Meditasi

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan seperti stroke.

Liputan6.com, Jakarta Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan seperti stroke. Menurunkan tekanan darah dengan cara diet sehat dan olahraga terkadang tak mudah dijalani setiap orang yang menderita penyakit ini.

Bahkan, tak jarang diet dan olahraga mampu menurunkan tekanan darah Anda dengan cepat. Namun, sebuah penelitian dari American Heart Association menemukan cara mudah untuk menurunkan tekanan darah, bahkan tanpa mengonsumsi obat-obatan.

Lewat cara terbaru dari penelitian tersebut, Anda juga tidak perlu mengubah pola makan harian. Menurut peneliti studi Robert Brook dari University of Michigan, beberapa metode yang dapat menurunkan tekanan darah seperti olahraga dan diet rendah garam mungkin agak sulit diikuti oleh beberapa orang. Sehingga, mereka pun kesulitan menurunkan tekanan darahnya.

Selain itu, menurut Robert, ada banyak informasi sekaligus kesalahan terkait alternatif menurunkan tekanan darah tanpa minum obat atau cara alami.

Dilansir Prevention, Jumat (21/10/2016), dari hasil penelitian ada tiga cara alami yang dapat membantu Anda menurunkan hipertensi:

- Pertama, melatih genggaman dengan "handgrip isometrik". Ini dilakukan seperti menekan bola stres yang kenyal. Selain bisa meredakan stres, latihan genggaman ini bisa meningkatkan kemampuan pembuluh darah untuk lebih santai.

Cobalah untuk berlatih dengan cara dua kali meremas kemudian lepaskan, dan istirahat selama beberapa menit. Ulangi cara ini tiga kali dalam seminggu.

- Kedua, menarik napas yang dalam secara perlahan kemudian mengeluarkannya. Ini bisa mempengaruhi sistem saraf pusat dengan cara merelaksasi pembuluh darah sehingga memudahkan darah mengalir dan menurunkan tekanan.

Cobalah untuk melatih pernapasan ini selama dua menit saat Anda sedang bersantai.

- Ketiga, lakukan meditasi. Meski peneliti tidak mengetahui alasan meditasi dapat menurunkan tekanan darah, tapi peneliti berpikir bahwa meditasi dapat mengurangi stres yang mampu menyeimbangkan sistem saraf otonom yang bertanggung jawab membantu tubuh menjaga tekanan darah tetap normal.

Melakukan meditasi dengan metode transendental dapat efektif menenangkan pikiran Anda dari stres. Meditasi transendental merupakan meditasi dengan metode mengulangi suara atau mantra dengan mata tertutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini