Sukses

Sedang Stres? Lakukan 4 Cara Ini Untuk Latih Mental Anda

Liputan6.com, Jakarta Hidup memang susah ditebak, mulai dari hubungan dengan atasan atau rekan kerja, naik turunnya hubungan dengan keluarga atau pasangan, hingga pekerjaan yang menumpuk yang kadang dapat membuat kita menjadi stres.

Namun sebenarnya, ada cara untuk menjaga tubuh dan pola pikir Anda tetap seimbang dan sehat ketika stres menyerang, seperti dilansir dari Time, Jumat (21/10/2016):

1. Ini cuma sementara

Seberapa pun kacau hidup Anda, hal ini hanya sementara. Seiring berjalannya waktu, Anda akan merasa lebih baik, lebih tenang, lebih berenergi, lebih termotivasi, rasa marah berkurang, dan lebih bahagia.

2. Bernapaslah

Hal ini mungkin terdengar klise, namun efektif. Ketika kecemasan dan stres menyerang, coba hentikan apapun yang sedang Anda lakukan dan lakukan pernapasan dalam-dalam. Kecemasan mungkin bisa terjadi saat tengah malam, saat sedang rapat, atau bahkan ketika sedang ingin melakukan presentasi. Lakukan pernapasan dalam secara perlahan dan coba untuk berkonsentrasi untuk menghilangkan rasa cemas tersebut.

3. Ingat keberhasilan Anda

Coba ingat kembali atau tuliskan masa dimana Anda pernah meraih suatu keberhasilan, yaitu ketika semua hal berjalan dengan sangat baik dan Anda pun mampu mengatasi suatu situasi yang sulit. 

Karena kita semua sebenarnya adalah makhluk yang tangguh, namun terkadang lupa akan betapa tangguhnya diri kita. Jadi, coba berlatih untuk mengingat keberhasilan apa yang sudah Anda lakukan dengan baik. Hal ini sangat penting dan dapat membantu Anda untuk melewati masa-masa sulit.

4. Lakukan sesuatu yang membuat Anda merasa baik dengan cara yang sehat

Anda mungkin tidak dapat pergi ke pantai atau pergi ke suatu tempat favorit, namun Anda masih bisa melakukan aktivitas menyenangkan lainnya, seperti misalnya bersepeda setelah pulang kantor atau mungkin mencoba resep masakan baru. Kegiatan ini juga bisa menjadi pelepas stres yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini