Sukses

Meski Kecil, Biji Bunga Matahari Miliki Segudang Manfaat Sehat

Tiga manfaat kesehatan yang ditawarkan biji bunga matahari.

Liputan6.com, Jakarta Meski bentuknya kecil, biji bunga matahari ternyata kaya akan nutrisi sehat bagi tubuh. Seperti protein, vitamin E, mineral folat, dan tembaga yang mampu mendukung penurunan berat badan dan tidak akan merusak diet Anda.

Sebanyak satu ons biji bunga matahari mengandung 22 mikrogram selenium yang berfungsi untuk melakukan menjalankan metabolisme terutama fungsi kelenjar teroid. Namun penting untuk diingat kelebihan selenium juga dapat menyebabkan ruam kulit, kelelahan, dan masalah pencernaan.

Ada tiga manfaat sehat yang ditawarkan dari biji bunga matahari, seperti dikutip laman Live Strong, Kamis (20/10/2016).

- Tingkatkan asupan serat

Bagi Anda yang berniat menurunkan berat badan, biji bunga matahari merupakan efektif mendukung penurunan berat badan. Menurut sebuah studi di Annals of Internal Medicine pada Februari 2015 lalu, serat dari biji bunga matahari yang menyerap air akan memperlancar proses pencernaan. Sehingga lemak-lemak di tubuh bisa menghilang usai mengonsumsi biji bunga matahari.

Direkomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram biji bunga matahari setiap hari bagi wanita dan 38 gram untuk pria.

- Menyeimbangkan gula darah

Sekitar 75 persen dari total kalori dalam biji bunga matahari berasal dari lemak, tapi mereka adalah jenis lemak sehat.

Sekitar satu ons biji bunga matahari memiliki 14 gram lemak yang baik melindungi kesehatan jantung serta menurunkan kolesterol.

- Meningkatkan metabolisme

Asam klorogenat adalah antioksidan alami yang mudah dimetabolisme dalam tubuh manusia, kandungan ini juga mampu bantu melawan peradangan.

Pada April 2015 lalu, Pharmaceutical Research melaporkan bahwa asam klorogenat dalam biji bunga matahari dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Setidaknya terdapat 13 miligram asam klorogenat di setiap satu gram biji bunga matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.