Sukses

Begini Ajarkan Anak Makan Sehat

Membuat anak suka makanan sehat itu sebaiknya dilakukan sejak usia dini.

Liputan6.com, Jakarta Membuat anak suka makanan sehat itu sebaiknya dilakukan sejak dini. Memang butuh waktu agar anak-anak bisa menyukai makanan sehat.

"Kenapa harus sejak dini? Karena ini akan menjadi kebiasaan dalam tingkah laku. Ini tidak bisa instan," tutur psikolog dari Universitas Indonesia, Rini Hildayani, dalam acara 'Nestle Healthy Kids-International Chefs Day 2016' di Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Menurut Rini, bila mengajarkan anak-anak tentany pentingnya karbohidrat, protein, sayur, buah sejak kecil dampaknya akan lebih mendalam. Sehingga terserap dalam diri anak yang kemudian terbiasa hingga nanti besar.

Salah satu cara untuk mengenalkan anak makan sehat bisa melalui aktivitas memasak bersama. Studi menyebutkan anak yang sering memasak bersama orangtua lebih memilih makanan sehat dibanding yang tidak.

"Dalam studi ini juga menyebutkan anak-anak tersebut juga cenderung tidak memilih junk food dalam menu sehari-harinya," tutur Rini.

Rini berpesan bila anak-anak sudah memiliki keinginan untuk ikut memasak, libatkan dia. Misalnya saat usia tiga tahun, biasanya anak sudah bisa membantu mengambil sesuatu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.