Sukses

8 Manfaat Labu Kuning Kaya Vitamin

Semua bagian dari labu kuning bisa dimakan termasuk daging, biji serta kulitnya.

Liputan6.com, Jakarta Labu kuning adalah jenis labu yang kaya akan gizi dan dapat dibuat berbagai pangan untuk dihidangkan. Semua bagian dari labu kuning bisa dimakan termasuk daging, biji serta kulitnya.

Bunga yang keluar dari beberapa jenis labu juga dapat dikonsumsi. Dan menurut Whfoods, studi penelitian telah mendokumentasikan betapa fantastisnya labu kuning musim panas karena antioksidan.

Labu juga menjadi sumber utama makanan alpha-karoten, dan beta-karoten untuk diet Anda. Lutein, zeaxanthin, dan beta-cryptoxanthin juga sumber makanan yang ada dalam labu kuning tersebut.

Berikut ini beberapa manfaat dari labu kuning untuk kesehatan, dilansir laman Healthdiaries, Kamis (20/10/2016).

1. Rendah kalori

Secangkir labu kuning mengandung sekitar 36 kalori, tujuh gram karbohidrat, kurang dari satu gram lemak, dan satu gram protein. Hal ini juga bikin bebas kolesterol.

Beberapa kalori yang dikandung kebanyakan berasal dari kandungan karbohidrat yang rendah. Jika Anda coba menurunkan berat badan, labu kuning bisa menjadi pilihan bagus mengganti sayuran berkalori tinggi seperti kentang, dan jagung.

2. Kaya vitamin

Labu kuning merupakan sumber brilian vitamin C, dan merupakan sumber yang sangat baik dari magnesium, vitamin A, khususnya di konsentrasi karotenoid, termasuk beta-karoten, serat, folat, tembaga, riboflavin, dan fosfor.

Dalam labu kuning juga berlimpah kalium, memberikan 345,60 miligram per porsi. Kalium adalah elektrolit penting dalam keseimbangan cairan dan juga menyediakan energi otot.

Tinggi di mangan, mineral dapat membantu lemak proses tubuh, karbohidrat, dan glukosa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pencegahan kanker

Labu ini juga berlimpah antioksidan yang menjaga radikal bebas. Dengan tingginya kandungan beta-karoten, labu kuning merupakan sumber perlindungan dari polusi dan bahan kimia yang menyebabkan kanker.

Tingginya vitamin C membantu mencegah penuaan dini serta kanker serta menghambat pembelahan sel.

4. Kesehatan jantung

Labu kuning mengandung lemak dan kolesterol yang tidak tinggi. Satu cangkir labu mengandung 0,2 gram lemak. Mengurangi asupan lemak dan kolesterol adalah langkah besar ke arah mengurangi risiko penyakit jantung.

Magnesium ditemukan dalam labu kuning yang terbukti mengurangi serangan jantung dan stroke. Seiring dengan adanya kandungan kalium dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Vitamin C dan beta-karoten dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang menumpuk di dinding pembuluh darah. Nutrisi tersebut dapat mengurangi perkembangan aterosklerosis.

3 dari 3 halaman

5. Kesehatan colon

 

Pada 2,52 gram per porsi, kandungan serat yang melimpah dari labu kuning sangat diperlukan untuk eksresi racun dari tubuh, dan merupakan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan usus besar.

6. Kesehatan prostat

Labu kuning juga terbukti mengurangi gejala kondisi bernama hipertrofi prostat jinak atau BPH.

7. Kesehatan Mata

Beta karoten dan lutein dalam labu kuning sangat tinggi. Lutein membantu mencegah timbulnya katarak dan degenerasi makula, yang sering menyebabkan kebutaan.

Secangkir labu menyediakan sekitar 135 mikrogram beta karoten, dan 2,400 mikrogram lutein.

8. Tulang

Vitamin C dan mangan pada labu kuning cukup tinggi untuk mempertahankan struktur tulang yang sehat, penyerapan kalsium, pembuatan enzim, dan bangunan tulang. Hal ini juga memberikan kontribusi untuk kepadatan mineral tulang belakang.

Vitamin C membantu dalam produksi kolagen yang penting untuk membangun massa tulang. Dan magnesium sangat diperlukan untuk kesehatan sendi serta tulang. Besi, folat, seng, dan fosfor ditemukan pada labu kuning, yang semuanya berkontribusi terhadap kesehatan mineral tulang, dan membantu membentengi melawan osteoporosis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.