Sukses

Makanan Tertentu Bisa Sebabkan Migrain?

Beberapa orang beralasan bahwa konsumsi makanan tertentu membuat mereka migrain.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang beralasan bahwa konsumsi makanan tertentu membuat mereka migrain. Tapi mungkin penyebabnya bukan di makanannya, tapi karena bakteri di mulut mereka.

Menurut penelitian, jumlah bakteri pada mulut seseorang yang sedang migrain lebih banyak dan dapat mengubah zat kimia yang disebut nitrat.

"Nitrat ini banyak ditemukan di masakan daging, sayuran berdaun hijau, juga beberapa obat. Nah, nitrat ini diubah oleh bakteri tersebut menjadi nitric oxide, zat kimia yang memicu sakit kepala," ujar peneliti, seperti dimuat Livescience, Kamis (19/10/2016).

Tapi sayangnya, penelitian ini tidak dapat dijadikan alasan bakteri di mulut sebagai penyebab migrain, karena hanya menjelaskan hubungan antara bakteri tersebut dengan migrain. Hingga untuk saat ini, diharapkan pasien penderita migrain untuk menghindari makanan yang mengandung nitrat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.