Sukses

7 Fakta Aneh Seputar Parasit Kotoran Kucing

Selama ini kita tahu bahwa toxoplasma gondii merupakan parasit yang sering ditularkan melalui feses kucing.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini kita tahu bahwa toxoplasma gondii merupakan parasit yang sering ditularkan melalui feses kucing. Dampaknya, manusia yang tertular bisa mengalami gejala seperti flu, melemahnya kekebalan tubuh, bahkan bisa menyebabkan dampak yang lebih parah, yaitu dari kejang hingga kerusakan paru-paru.

Tapi infeksi T. gondii juga memiliki beberapa efek aneh. Selama bertahun-tahun, parasit tidak hanya mengejutkan dan mengagetkan peneliti, tetapi juga telah menyebabkan bertambahnya wawasan baru bagaimana perilaku manusia bekerja. Berikut adalah tujuh fakta aneh tentang T. gondii, dilansir dari Livescience.com, Rabu (19/10/2016):

1. T. Gondii membuat tikus lebih berani

Tikus yang terinfeksi parasit T. Gondii akan kehilangan rasa takutnya terhadap kucing, yang mungkin bahkan berubah dari takut menjadi ketertarikan seksual. Hal ini mungkin diakibatkan oleh perubahan pada beberapa aktivitas saraf di beberapa tempat di otak.

2. T. Gondii dapat berpindah ke makhluk lainnya

Meskipun dapat tinggal dimana saja, namun hanya beberapa T. Gondii yang menyebabkan penyakit parah. Para peneliti mengungkapkan alasannya mungkin terdapat pada protein parasit tersebut. Jika beberapa tipe protein pada parasit hilang maka parasit tersebut tidak akan virulen lagi.

Spekulasi dari peneliti, protein pada parasit itulah yang menghambat protein tubuh yang ditempatinya sehingga mengganggu sistem imunnya.

3. Beberapa penyakit mental seperti bunuh diri disangkutpautkan dengan T. Gondii

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa sel otak yang terinfeksi cenderung melepaskan level tinggi dari dopamin neurotransmitter. Meningkatnya dopamin berperan penting dalam kelainan perasaan. Beberapa penelitian bahkan mengemukakan meningkatnya dopamin berhubungan dengan kelainan impulsif atau bahkan bunuh diri. Tapi bukan hanya parasit yang mengganggu sel otak, virus rubella pun dapat mengakibatkan gangguan otak.

4. T. Gondii berhubungan dengan Skizophrenia

Jika ibu hamil terinfeksi parasit ini, kemungkinan besar anak yang dikandungnya akan mengalami gangguan emosi dan skizofrenia. Bahkan sebuah penelitian membuktikan keberadaan parasit T. Gondii pada antibodi pasien dengan skizofrenia.

5. T. Gondii belum ada obatnya

Yang ada hanyalah cara pencegahannya. Terutama pada ibu hamil, mereka akan diminta menghindari bulu kucing, feses kucing, makan makanan mentah maupun setengah matang, juga diminta meminum hanya air putih bersih.

6. Sudah setengah lebih penduduk di dunia yang terinfeksi T. Gondii

Anda dapat memeriksakannya ke sokter Anda, dan apabila ditemukan antibodi T. Gondii maka Anda terinfeksi.

7. Hingga saat ini, T. Gondii tidak menunjukkan gejala khusus

Meskipun berdampak seperti pada penderita flu, namun kebanyakan pasien tidak mendapati gejala bahwa ia terinfeksi. Hingga membuatnya lebih berbahaya daripada penyakit lainnya yang mengganggu sistem imun tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini