Sukses

Karyawan yang Kerja Bergilir Harus Perhatikan Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Dokter Kesehatan Kerja Iwan Siahaan mengimbau agar karyawan yang mendapat kerja bergilir (shift work) memerhatikan pola tidur sehari-hari. Satu kondisi yang amat rentan dialami pekerja shift seperti petugas rumah sakit, kepolisian, pemadam kebakaran, atau jurnalis adalah gangguan tidur.

Iwan Siahaan menjelaskan beberapa penelitian yang dilakukan untuk melihat performa manusia dan keselamatan ditemukan bahwa tidur atau istirahat merupakan kebutuhan biologi yang sangat diperlukan. Kurang atau terganggu waktu tidur sehari atau bahkan tidak tidur sama sekali akan meningkatkan risiko kesalahan dan kejadian kecelakaan saat bekerja.

Belum lagi efek dari kelelahan yang turut pekerja shift rasakan. Tidak seimbangnya antara bekerja dengan kebutuhan waktu istirahat seperti jadwal shift work yang tidak baik akan menghasilkan kelelahan yang kronis.

"Konsekuensi adanya kelelahan akan menurunkan kewaspadaan, persepsi yang lambat, dan jelek," kata Iwan dikutip dari keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com pada Rabu (19/10/2016)

Ada pun waktu yang paling berbahaya dalam bekerja di mana timbul rasa kantuk yang teramat berat berada pada pukul 02.00 sampai 04.00 WIB dini hari dan waktu yang sama di sore hari. 

 

1 dari 2 halaman

Saran untuk pekerja yang kerja bergilir

Berikut saran dari Iwan untuk para pekerja yang mendapat kerja bergilir (shift work):

1. Tidur yang cukup

  • Tidur secepatnya setelah kerja shift malam untuk memaksimalkan tidur
  • Hanya beristirahat tidaklah cukup. Harus tidur untuk turut mengistirahatkan kerja otak.
  • Waktu tidur minimal adalah enam jam
  • Tidur siang sekitar 20 sampai 30 menit untuk membantu mengurangi rasa kantuk saat malam.

2. Tidur yang baik

  • Menghindari suara bising, matikan gawai, pilih lokasi tempat tidur di tempat sunyi
  • Mempertahankan rutinitas tidur seperti menggosok gigi sebelum tidur, memadamkan lampu
  • Menghindari makanan berat, kopi, teh, alkohol sebelum tidur.

3. Mempertahankan kebugaran dan membantu mengurangi stres dan sakit dengan olahraga teratur 20 menit sebelum bekerja. Pilih olahraga ringan seperti aerobik, berjalan kaki, bersepeda, jogging, berenang. Hindari olahraga tiga jam sebelum tidur.

4. Relaks dengan melakukan kegiatan yang disenangi
5. Mengonsumsi makanan sehat dan baik
6. Segera konsultasikan ke dokter bila ada keluhan