Sukses

Asam Lemak Omega-3 Bisa Bantu Wanita Cepat Hamil?

Para peneliti mengatakan bahwa lemak yang ditemukan dalam ikan seperti salmon, bisa meningkatkan kesuburan.

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti mengatakan bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan seperti salmon dan tumbuh-tumbuhan seperti biji rami, bisa meningkatkan kesuburan.

Studi yang dilakukan oleh University of Colorado ini, menemukan bukti bahwa lemak sehat omega-3 dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk hamil.

Dr. Malgorzata Skaznik-Wikiel, seorang dokter kandungan-ginekolog yang memimpin studi, meneliti sekelompok tikus yang dikembang biakkan secara genetik agar tubuhnya memiliki rasio yang sehat dari asam lemak omega-3.

Tikus-tikus tersebut mempunyai kemampuan untuk memberikan sel-sel dan jaringannya omega-3, sehingga ia dan timnya kemudian melihat bagaimana perkembangan sel telur dalam rahim para tikus tersebut, seperti dilansir dari Time, Kamis (20/10/2016).

Mereka menemukan bahwa tikus dengan kadar asam omega-3 yang lebih tinggi, memiliki sel telur yang lebih sehat dibandingkan dengan tikus yang hanya sedikit memiliki nutrisi tersebut dalam tubuhnya. Hal ini kemudian akan membuat sel telur yang sehat, bisa difertilisasi hingga bisa melahirkan anak-anak tikus.

"Studi ini memperlihatkan bahwa asam lemak omega-3, dapat berpotensi dalam meningkatkan kesuburan. Selain itu temuan menunjukkan pula bahwa ada kaitan antara faktor diet dan kualitas sel telur, sehingga salah satu idenya mungkin merekomendasikan suplemen omega-3 untuk meningkatkan kesuburan," ujarnya.

Walaupun belum jelas mengapa asam lemak omega-3 dapat membantu rahim memproduksi sel telur yang sehat, namun studi lain pada tikus yang sudah pernah dilakukan oleh Skaznik-Wikiel, mengatakan bahwa lemak ini mungkin menurunkan kadar peradangan yang mempengaruhi fungsi rahim.

Para peneliti mempresentasikan temuan mereka dalam pertemuan tahunan di American Society of Reproductive Medicine. Namun karena studi mereka baru mempelajarinya pada tikus saja, sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut sebelum makanan yang mengandung omega-3 atau suplemennya, menjadi bagian dari pengobatan masalah ketidaksuburan pada wanita.

"Kami berharap ke depannya memiliki jawaban yang lebih banyak untuk bisa mengatakan 'ya' dengan tegas, bahwa asam lemak omega-3 bisa membantu wanita yang berharap ingin cepat hamil. Namun untuk saat ini, saya tidak melihat adanya kerugian jika mengonsumsi suplemen tersebut secara teratur," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini