Sukses

6 Cara Melatih Otak Jadi Lebih Cerdas

Ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk membuat otak lebih cerdas.

Liputan6.com, Jakarta Kita semua pasti ingin memiliki otak yang cerdas dan tanggap, karena hal ini akan membantu memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Namun bagaimana jika kemampuannya terasa mulai berkurang?

Dilansir dari Abcnews, Rabu (19/10/2016), berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk membuat otak lebih cerdas, seperti:

1. Tutup mata Anda

Misalnya ketika sedang mandi, coba tutup mata Anda dan cari barang-barang seperti sampo, sabun, atau spons mandi dengan mata tertutup. Kegiatan ini akan melatih otak Anda untuk lebih bekerja.

“Bahkan, melakukan apapun dengan mata tertutup adalah cara mudah untuk meningkatkan fokus dan memori Anda. Kegiatan ini juga akan meningkatkan indera tubuh,” ujar Ron White, peserta yang berhasil menyabet dua kali gelar kemenangan di acara USA Memory Champisonship.

2. Menari

Gerakan menari tidak hanya mengaktifkan otak kecil-bagian dari otak yang mengatur pemikiran dan memutuskan sesuatu- namun juga menghasilkan brain-derived neurotrophic factor (BDNF), protein yang membantu neuron otak berkomunikasi lebih efektif.

“Menari merupakan interaksi sosial yang akan membantu sistem saraf. Kegiatan ini juga melibatkan fisik yang akan memompa oksigen ke jantung, memberi nutrisi ke sel-sel otak, serta membantu Anda belajar mengkoordinasikan tubuh,” ujar direktur dari UCLA’s Longevity Center, Gary Small, MD.

3. Gunakan tangan yang bukan dominan

Jika Anda biasanya melakukan segala sesuatu menggunakan tangan kanan atau tangan kiri (jika kidal), coba gunakan tangan yang tidak dominan untuk melakukan hal-hal tersebut. Kegiatan ini akan memaksa otak untuk kembali mempelajari aktivitas yang sama namun dengan cara yang baru.

“Ketika Anda menggunakan tangan non-dominan, maka otak harus mengaktifkan dan melibatkan berbagai areanya. Ini akan memberikan ingatan baru dan jaringan baru pada otak Anda,” kata profesor bedah saraf di Vanderbilt Medical Center, Allen Sills, M.D.

4. Mempelajari hal baru

“Ketika melatih mental, sangat penting untuk melakukan hal-hal di mana otak Anda tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya. Karena, mempelajari berbagai hal yang berbeda, akan melatih otak Anda," ujar seorang peneliti pencitraan otak, Daniel Amen MD.

5. Pergi ke mall

Walaupun berbelanja bisa mengurangi sedikit uang Anda, namun kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang mengejutkan pada otak Anda.

“Ketika sedang berbelanja, Anda melakukan aktivitas mental dan fisik, seperti berjalan, bertemu orang lain, hingga membuat perhitungan harga. Setiap aktivitas tersebut akan menstimulasi berbagai bagian yang berbeda di otak Anda dan memberikan efek lintas-pelatihan,” ujar Dr. Small.

6. Belajar sulap

Menurut studi 2013 dalam jurnal Nature, mempelajari sulap akan menumbuhkan jaringan abu-abu (gray matter) dalam otak Anda. Karena temuan mereka menunjukkan, setelah para peserta melakukan latihan sulap selama tiga bulan, otak mereka menunjukkan peningkatan gray matter di bagian pertengahan-temporal dan intra-parietal sulcus, yaitu bagian otak yang bertanggung jawab pada aktivitas visual dan motorik. Sehingga kegiatan ini akan membuat otak pun semakin cerdas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini