Sukses

Ini Salah Satu Kendala Wujudkan Indonesia Sehat

Mewujudkan masyarakat Indonesia sehat memang tak semudah seperti membalikkan telapak tangan.

Liputan6.com, Jakarta Mewujudkan masyarakat Indonesia sehat memang tak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Ada banyak kendala yang harus dihadapi, mulai dari lokasi pemukiman yang terpencil, infrastruktur kurang memadai di beberapa titik hingga kepercayaan kuat dari masyarakat terhadap tenaga non medis.

Selain itu, Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek, juga melihat kendala bisa berasal dari masyarakat sendiri yang tak mau berubah. Karena perubahan cara hidup sehat tak akan terwujud bila masyarakat tak mau melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

"Sadar enggak mau hidup sehat? Misalnya sadar tentang pentingnya air bersih dan sanitasi," tutur Nila sebelum Gala Movie Premier Antalogi Film Dokumenter 'Eagle Awards- Indonesia Sehat' di Plaza Indonesia, Jakarta pada Selasa (18/10/2016) malam.

Menurut Nila, ada banyak hal sederhana yang bisa dilakukan masyarakat bila mau lebih sehat. Misalnya melakukan hidup sehat, seperti mencuci tangan sebelum makan.

"Sehingga bila masyarakat mau berubah, tentu Indonesia Sehat akan terwujud," tambah Nila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.