Sukses

Jangan Kaget, Buah Ini Bikin Tinja Jadi Kemerahan

Liputan6.com, Jakarta Buah-buahan tentu memiliki manfaat kesehatan. Tapi jangan kaget bila ada beberapa buah yang membuat tinja jadi kemerahan.

Seperti misalnya bit, buah yang memiliki kandungan folat, serat, mangan dan kalium ini membuat feses jadi kemerahan. Kenapa?

Seperti diberitakan Newhealthguide, Rabu (19/102016), buah bit memiliki pigmen merah yang kuat dan tinggi serat sehingga dapat dicerna dengan cepat. Uniknya, pigmen ini tidak berubah warna selama proses pencernaan sehingga menyebabkan feses berubah kemerahan.

Selain bit, ternyata ada yang menyebabkan feses jadi kemerahan, yaitu:

1. Semangka

Semangka dapat dengan mudah melewati usus tanpa mengubah warna. Jika mengonsumsi semangka terlalu banyak, Anda mungkin melihat tinja berbintik-bintik merah. Terlalu banyak semangka bahkan dapat menyebabkan diare.

2. Tomat

Jika Anda telah mengonsumsi jus tomat, kotoran Anda juga mungkin berwarna kemerahan. Hal yang sama berlaku ketika Anda mengonsumsi saus dan sup tomat.

3. Sayuran merah

Mengonsumsi sayuran merah seperti paprika, kacang merah, dan sebagainya juga dapat mengubah warna tinja Anda. Mungkin tidak secara keseluruhan tetapi Anda dapat melihat bintik-bintik merah.

4. Pewarna makanan

Mengonsumsi makanan yang mengandung pewarna makanan merah juga dapat menyebabkan tinja merah.