Sukses

Mau Gigi Putih dan Sehat? Atur dengan 8 Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana Anda menjaga gigi agar tetap sehat dan memiliki senyum cemerlang seperti mutiara? Kebanyakan akan menjawab menyikat gigi secara teratur, dan menggunakan benang floss.

Tapi tahukah Anda kalau makanan tertentu juga dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi? Diet yang mengandung nutrisi yang cukup termasuk vitamin C dan D, kalsium dan lainnya dapat memberikan kesehatan gigi.

Sangat penting untuk mengurangi asupan makanan yang menyebabkan rongga pada gigi. Berikut ini beberapa makanan yang dapat bisa dikonsumsi dan bisa membuat gigi sehat, dilansir laman Boldsky, Selasa (18/10/2016).

1. Air

Ya, makanan cair ini masuk dalam daftar teratas makanan yang membuat gigi kita bagus. Semakin banyak air yang Anda minum, semakin membersihkan dalam mulut, dan mengeluarkan bakteri baku.

2. Minuman tanpa gula

Banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis membuat gigi semakin rentan terhadap asam dan bakteri. Untuk itu, sebaiknya kurangi asupan manis, dan pilih minuman bebas gula.

3. Konsumsi permen karet tanpa gula

Permen karet baik bagi kesehatan mulut karena meningkatkan aliran air liur, yang menetralkan asam di mulut dan menjaga enamel gigi.

Air liur bekerja sebagai pembersih yang mengurangi durasi partikel makanan sisa yang menempel di gigi.

4. Jeruk

Asam yang dikandung jeruk tak mengganggu, tapi meningkatkan air liur. Mereka juga melindungi enamel gigi dan membasuh bakteri.

5. Susu

Yogurt tanpa gula, dan keju menetralisir gigi berlubang. Mereka mendorong produksi air liur, sedangkan protein, fosfor dan kalsium di dalamnya melindungi enamel. Mereka juga dianggap membantu dalam memperkuat mineral pelindung gigi.

6. Ikan

Penyakit gusi serius dapat merusak gigi, dan itu terjadi ketika bakteri diakumulasi. Dan hasilnya peradangan jaringan ikat antara gigi dan tulang karet.

Untuk itu penting mengonsumsi makanan yang bisa mengurangi penyakit gusi, dan peradangan. Asam lemak omega-3 yang dinilai paling baik, dan itu bisa ditemukan dalam ikan yang menyediakan fosfor untuk membangun enamel gigi.

Asam lemak omega-3 juga ditemukan dalam biji rami.

7. Makanan renyah dan sayuran

Keduanya memiliki kandungan air yang tinggi, bisa membantu mencuci gula. Serat di dalamnya juga membantu dalam menjaga gigi bersih.

Mereka juga membantu membangun gusi yang sehat, berkat vitamin C di dalamnya yang mengandung kolagen.

8.Kakao

Berita besar memang kalau kakao bisa mengurus peradangan dan melindungi kerusakan gigi. Cokelat hitam lebih baik daripada cokelat susu, karena kandungan gulanya rendah.