Sukses

Ini Hal Istimewa yang Bikin Ibu Hamil Jarang Sakit

Liputan6.com, New York- Setiap ibu hamil pasti menginginkan kesehatannya terjaga selama sembilan bulan mengandung. Nah, selain mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, serta mengonsumsi vitamin, rupanya hubungan yang baik dan memuaskan dengan suami juga membuat ibu hamil jadi jarang sakit.

Hal menarik ini diungkapkan oleh peneliti asal University of Bergen, Roger Ekeberg Henriksen. Menurut pria asal Norwegia ini bila hubungan antara wanita hamil dengan suaminya sehat, potensi wanita untuk sakit seperti terkena infeksi jauh lebih rendah.

Beda halnya dengan wanita yang merasa puas dengan hubungannya dengan suami. "Dalam studi saya membuktikan, wanita yang tidak puas dalam hubungan lebih sering sering sakit saat hamil," tutur Henriksen seperti mengutip laman Science Daily pada Rabu (19/10/2016).

Anak pasangan Glenn dan Chelsea berjenis kelamin perempuan. Belum diketahui berapa berat dan panjang anak pasangan yang diberi nama Nastusha Olivia Alinskie. (dok. Instagram/glennalinskie)

Henriksen melihat stres jadi hal yang membuat wanita yang memiliki hubungan tidak baik dengan suami jadi sering sakit. Menurutnya, saat wanita stres membuat sistem kekebalan tubuh jadi menurun, alhasil tubuh jadi lemah terhadap aneka virus dan bakteri di sekitar.

Namun beda cerita dengan ibu hamil yang memiliki hubungan baik dan memuaskan dengan suami. Para ibu hamil ini cenderung lebih rendah tingkat stres, jika pun ada masalah, suami dengan siaga siap membantu.

"Jika melihat riset otak mengenai mekanisme fisiologis, pada saat memiliki pasangan yang mendukung itu membantu wanita mampu mengatasi stres," pesan Henriksen lagi. 

Jadi bila ingin memiliki kehamilan yang sehat, ingat juga untuk menjaga hubungan yang baik dengan suami.