Sukses

5 Alasan Pemicu Munculnya Keriput di Usia Muda

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis tawa akan semakin terlihat jelas. Namun bagaimana jika tanda-tanda tersebut mulai muncul padahal usia Anda masih muda?

Walaupun faktor genetika dan usia memainkan peran penting, tapi sebenarnya masih banyak faktor lain yang juga bisa memberikan efek penuaan pada kulit Anda, seperti dilansir dari Foxnews, Selasa (18/10/2016):

1. Jarang memakai pelembab

“Sekitar 90 persen tanda penuaan yang terlihat disebabkan karena kulit tidak terlindung dari paparan sinar ultraviolet. Jadi jangan lupa untuk memakai pelembab dengan SPF saat hendak meninggalkan rumah,” ujar seorang profesor dermatologi klinis di Yale School of Medicine, Dr. Mona Gohara.

2. Senang mengonsumsi makanan mengandung gula

Anda mungkin sudah tahu bahwa gula tak baik untuk berat badan, namun gula juga dapat memberikan efek pada kulit. “Kulit Anda adalah organ, dan gula tidak baik untuk organ apapun,” kata Gohara.

Ia menjelaskan bahwa mengonsumsi gula (makanan berkarbohidrat tinggi dan mengandung glikemik yang tinggi) dapat membuat peradangan pada kulit.

“Gula menciptakan molekul yang mengikat kolagen dan elastin, lalu ia akan melemahkan keduanya,” ujarnya. Sehingga hal ini akan mengakibatkan munculnya keriput pada kulit Anda. 

 

1 dari 2 halaman

Terpapar polusi udara

3. Terpapar polusi udara

Polusi udara berefek buruk bagi kulit dan paru-paru Anda. Bahkan penelitian telah menemukan orang-orang yang sering terpapar polusi udara cenderung lebih cepat memiliki flek dan keriput yang lebih jelas. Untuk mencegah hal ini, Gohara mengatakan, penting untuk memperbanyak konsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti buah beri yang segar, sayuran hijau, dan ikan berlemak.

4. Menonton hingga larut malam
Tidur yang kurang dapat meningkatkan kadar kortisol, yaitu hormon stres pro-inflamasi yang dapat menyebabkan keriput. Selain itu jika tak cukup tidur, Anda tidak mendapatkan proses regenerasi kulit.

5. Merokok

Selain bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan berbagai penyakit paru-paru, rokok juga bisa berdampak buruk bagi kulit Anda. “Saat Anda merokok, pastinya Anda mengerucutkan bibir untuk mengisap rokok tersebut, dan hal ini bisa menyebabkan munculnya garis-garis halus di sekitar mulut Anda. Selain itu zat kimianya juga membahayakan kulit Anda, membuatnya terlihat abu-abu dan terasa kasar,” katanya.

Sehingga tak ada salahnya untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, apalagi jika semakin cepat Anda menghentikannya, maka hasilnya pun akan semakin baik.