Sukses

8 khasiat Jeruk Nipis bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air, jadi tidak heran apabila mengonsumsinya diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kita memang dianjurkan untuk minum air setidaknya delapan gelas sehari. Namun, jika ingin sedikit rasa, Anda bisa memeras sedikit jeruk nipis dalam segelas air putih. Bahkan, Anda juga akan mendapat manfaat bergizi dari buah tersebut. 

Jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, karena dapat melindungi tubuh dengan mencegah atau menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, atau bahan kimia yang membahayakan sel-sel.

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan atau mempertahankan berat badan, berikut adalah beberapa manfaat menambahkan jeruk nipis dalam air putih Anda, seperti dilansir dari Healthline, Selasa (18/10/2016):

1. Meremajakan kulit

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavanoid, yaitu antioksidan yang memperkuat kolagen, sehingga meminum air jeruk nipis dapat melembabkan dan meremajakan kulit Anda.

2. Memperbaiki pencernaan

Jeruk nipis bersifat asam dan membantu air liur memecah makanan untuk pencernaan yang lebih baik. Selain itu, flavanoid di dalamnya juga merangsang sekresi cairan pencernaan. Jika Anda menderita sembelit, asam buah ini dapat membersihkan sistem sekresi dan merangsang aktivitas usus.

Manfaat lainnya, jika Anda sedang berurusan dengan rasa mulas atau asam refluks, minum segelas air hangat ditambah dengan dua sendok teh air jeruk nipis yang diminum sekitar 30 menit sebelum makan, dapat membantu mencegah gejala terjadi.

3. Melawan infeksi

Jika Anda ingin tetap sehat khususnya saat sedang musim hujan seperti saat ini, meminum air jeruk nipis dapat membantu. Vitamin C dan antioksidan di dalamnya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu Anda melawan infeksi seperti virus flu. Bahkan air dari buah ini juga dapat mempersingkat lama durasi penyakit terjadi.

1 dari 2 halaman

Turunkan berat badan hingga meredakan radang

4. Membantu menurunkan berat badan

Air jeruk nipis dapat membantu mengontrol berat badan Anda. Ini karena asam sitratnya dapat meningkatkan metabolisme, membantu membakar lebih banyak kalori, dan menyimpan sedikit lemak di tubuh. Namun jangan lupa menyeimbangkannya dengan berolahraga secara teratur.

5. Menurunkan gula darah

Vitamin C dalam jeruk nipis, dapat membantu orang dengan penyakit diabetes, karena buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah, serta dapat membantu mengatur bagaimana tubuh Anda menyerap gula ke dalam aliran darah. 

6. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Jeruk nipis adalah sumber baik dari magnesium dan kalium yang berfungsi untuk mempromosikan kesehatan jantung. Kalium dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

7. Mencegah kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali dan dapat berkembang di berbagai bagian tubuh. Dengan minum air jeruk nipis, dapat mengurangi risiko sel kanker yang berkembang dan membantu Anda melawan penyakit tersebut. Sifat antioksidan di dalamnya juga mempromosikan pertumbuhan sel sehat dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda.

8. Mengurangi peradangan

Penyakit arthritis, gout, dan masalah persendian lainnya biasanya disebabkan oleh peradangan. Vitamin C dalam jeruk nipis dapat mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh Anda. Selain itu, jeruk nipis juga dapat mengurangi kadar asam urat.

Jadi, Anda hanya perlu mengambil beberapa jeruk nipis, kemudian memerasnya dan masukkan beberapa tetes ke dalam gelas air putih untuk diminum. Jika Anda mendambakan hasil terbaik, minum air jeruk nipis tersebut tanpa menambahkan gula atau bahan tambahan lainnya.