Sukses

Wajah Mudah Jerawatan? Coba Konsumsi Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta Di usia-usia tertentu, baik wanita juga pria akan mengalami pertumbuhan jerawat di wajah hingga badan yang sangat menjengkelkan. Tetapi, adapula individu yang memiliki tipe kulit rentan jerawatan. Untuk menangani kasus seperti ini, perawatan wajah memang menjadi solusi utama.

Namun ternyata pemilihan makanan juga bisa jadi solusi menghilangkan jerawat. Seperti dikutip laman Reader's Digest, ditulis Selasa (18/10/2016) tiga jenis makanan berikut ini dipercaya mampu bantu menghilangkan jerawat.

1. Lemak ikan

Salmon, sarden, dan tuna adalah jenis ikan yang mampu membantu mengusir jerawat pada wajah.

"Asam lemak sehat baik untuk sel-sel kita termasuk sel kulit," kata Rebecca Kazin, MD, asisten profesor Johns Hopkins Department of Dermatology dan associate director di Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery.

Dalam satu studi kecil pada 2012 lalu, minyak ikan membantu meningkatkan kesehatan kulit individu yang rentan dengan jerawat. Minyak ikan membantu mengendalikan peradangan juga dapat membantu membersihkan wajah.

2. Mentimun dan semangka

Makanan yang tinggi kandungan air akan meningkatkan hidrasi tubuh yang sangat baik untuk kulit manusia.

"Mempertahankan tingkat hidrasi kulit adalah cara untuk membantu jaga kondisi kulit tetap sehat," kata Kazin.

Selain penggunaan obat jerawat dan pelembab, Kazin menyarankan untuk mengisi diet dengan jenis makanan kaya air seperti mentimun dan semangka.

1 dari 2 halaman

Kacang mete

3. Kacang mete

Satu satu ons kacang mete merupakan sumber seng yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mampu hindari tumbuhnya jerawat.

Bahkan dalam sebuah penelitian di BioMed Research International pada 2014 lalu, peneliti menemukan bahwa kadar mineral yang rendah dikaitkan dengan pertumbuhan jerawat yang lebih parah. Ada pula sumber seng lainnya dari daging lobster dan daging sapi.

4. Spirulina

Hasil gambar untuk Spirulina

Spirulina atau ganggang hijau adalah jenis makanan yang mengandung nutrisi baik dan memiliki sifat anti-inflamasi. Penelitian tahun 2014, menyebutkan bahwa individu yang mengonsumsi spirulina membuat jerawat di wajah hilang.