Sukses

3 Cara Mudah Turunkan Tekanan Darah Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Hipertensi atau tekanan darah tinggi mungkin bisa berisiko merusak arteri dan jantung Anda. Namun dengan mengubah gaya hidup, Anda bisa mengontrol kadar tekanan darah.

Berikut saran sederhana untuk diet dan mengelola stres agar tekanan darah tetap stabil, seperti dilansir dari Everydayhealth, Selasa (18/10/2016):

1. Makan ikan

Asam omega-3 dalam minyak ikan seperti sarden, makarel, dan salmon telah menunjukkan bahwa mereka dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi ringan. Berikut ini adalah resep mudah untuk camilan cepat atau makan siang yang akan memberikan nutrisi omega-3:

- 1 kaleng sarden

- 12 – 16 biskuit gandum

- Irisan lemon atau jeruk nipis

- Beberapa tangkai peterseli

Caranya, sebar setiap biskuit dengan setengah sarden, peras air lemon atau jeruk nipis di atasnya, kemudian tambahkan peterseli sebagai hiasan. Makanan tersebut siap disantap.

2. Makan kulit apel

Kulit apel kaya akan serat pektin penurun kolesterol dan flavanoid yang bisa menghambat enzim angiostensin-converting (enzim yang berperan dalam sistem renin-angiotensin tubuh yang mengatur volume ekstraseluler misalnya plasma darah, limfa, dan cairan jaringan tubuh), dan vasokonstriksi arteri).

3. Lebih sadar dan berhati-hati (mindful)

Studi menunjukkan bahwa praktik meditasi yang dilakukan secara rutin dapat membantu mengelola hipertensi. Gunakan pikiran untuk memfokuskan diri pada setiap sensasi sentuhan, bau, dan suara yang ada di sekitar Anda.