Sukses

Apa yang Sperma Katakan tentang Kesehatan Anda?

Liputan6.com, Jakarta Sperma biasanya dikeluarkan pria saat mereka ejakulasi. Cairan sperma mengandung asam sitrat, asam amino bebas, fruktosa, enzim, phosphorylcholine, prostaglandin, kalium, dan zinc.

Tampilan cairan sperma bisa berbeda-berbeda, mulai dari warna dan baunya. Lalu sperma seperti apa yang sehat dan dapat menunjukkan adanya sesuatu yang salah dalam tubuh Anda?

Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah warna dan bau dari sperma yang bisa menunjukkan kesehatan Anda, menurut ahli kesehatan pria, Dr Jerry Kennard, seperti dilansir dari Verywell, Selasa (18/10/2016).

1. Sperma normal

Tampilan: Biasanya berwarna putih keruh atau abu-abu. Saat baru dikeluarkan tampilannya mungkin tebal dan memiliki konsistensi seperti jeli, lalu dalam waktu 30 menit biasanya akan menjadi berair dan bening. Tampilan tebal kemudian mengalami pencairan, dianggap penting untuk reproduksi.

Bau: bau klorin dalam sperma adalah normal.

Rasa: sedikit manis karena kandungan fruktosa yang tinggi, tapi rasanya bisa berubah sedikit pada setiap pria, dan dapat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsinya.

2. Sperma berwarna merah atau cokelat

Jika sperma Anda berwarna merah atau cokelat, mungkin karena adanya pembuluh darah yang pecah di prostat. Biasanya akan kembali ke warna normal dalam waktu satu atau dua hari.

Namun jika perubahan warna terus terjadi selama lebih dari beberapa hari, berarti Anda harus mengunjungi dokter. Itu karena darah yang terus-menerus ada di dalam sperma bisa diakibatkan adanya infeksi, trauma, dan kanker walaupun jarang terjadi.

3. Sperma berwarna kuning atau hijau

Sperma yang normal juga bisa berwarna sedikit kekuningan. Namun jika warnanya amat kuning atau hijau, dapat menunjukkan infeksi menular seksual (IMS) yang disebut gonore. Lebih baik segera pergi ke klinik setempat untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

4. Sperma berbau busuk

Sering kali hal ini merupakan tanda infeksi, jadi segera kunjungi dokter Anda agar kondisi ini cepat terobati.