Sukses

Penyebab Tumbuhnya Ketombe di Alis

Liputan6.com, Jakarta Seperti kulit kepala, rupanya ketombe juga bisa tumbuh di permukaan kulit sekitar alis. Bahkan di kondisi yang parah, ketombe di alis juga bisa menyebabkan iritasi. Lebih jengkelnya lagi, serpihan ketombe di bagian ini tidak bisa Anda sembunyikan.

Ketombe di alis biasanya akan menimbulkan rasa gatal, berminyak, dan kemerahan. Menurut Medline Plus, penyebab ketombe adalah dermatitis seboroik hingga psoriasis. Untuk mengobati ketombe pada alis cukup dengan mencucinya setiap hari menggunakan sampo.

Terkadang jika ketombe sudah berada pada kondisi parah juga bisa mencampur sampo dengan obat khusus yang diresepkan dokter. Namun, perlu berhati-hati saat mencuci bagian alis, jangan sampai mata cedera akibat terpapar sampo atau obat.

Mengutip laman Live Strong, ditulis Selasa (18/10/2016), berikut tiga penyebab tumbuhnya ketombe di alis yang perlu Anda ketahui.

1. Kulit terlalu kering

Kulit alis yang mengelupas biasanya terjadi akibat kulit terlalu kering dan umumnya terjadi pada musim dingin. Penggunaan sabun cuci muka dapat membantu pengelupasan juga melembapkan kulit di alis Anda.

2. Malassezia

Malassezia adalah jamur ragi yang dapat menyebabkan ketombe. Pertumbuhan jamur ini terjadi akibat kelebihan minyak pada folikel rambut dan berakhir pada iritasi, pertumbuhan kulit tambahan, dan pengelupasan.

3. Psoriasis

Mayo Clinic mengatakan bahwa bercak psoriasis pada alis terjadi akibat hadirnya psoriasis di tempat lain pada tubuh. Ini menyebabkan penyebaran pada alis, untuk kondisi satu ini Anda harus mendapatkan resep dari dokter.