Sukses

Ternyata Musik Dapat Kurangi Rasa Sakit pada Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mungkin senang sekali mendengarkan musik, mulai dari pop, jazz, rock, R&B, dan masih banyak lagi jenisnya. Selain dapat meningkatkan suasana hati, ternyata musik juga bisa mengurangi rasa sakit pada fisik Anda.

The American Music Therapy Association (AMTA) melaporkan bahwa program terapi musik dirancang untuk mencapai tujuan seperti mengelola stres, meningkatkan memori, dan mengurangi rasa sakit.

Memang mungkin tampak mengejutkan bahwa musik dapat membantu seseorang untuk mengatasi rasa sakit pada fisiknya. Namun penelitian telah menunjukkan hubungan yang jelas, seperti dilansir dari Healthline, Selasa (18/10/2016).

Sebuah ulasan 2015 di The Lancet menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum, selama, atau setelah menjalani operasi mengalami rasa sakit dan kecemasan yang lebih sedikit dibandingkan dengan pasien yang tidak mendengarkan musik. Bahkan, pasien yang mendengarkan musik tidak banyak membutuhkan obat penghilang rasa sakit.

Untuk melakukan penelitian ini, para peneliti melihat data dari 73 percobaan yang berbeda dan melibatkan lebih dari 7.000 pasien.

Hasilnya, orang-orang yang tidak begitu mengalami rasa sakit dan hanya membutuhkan sedikit obat penghilang rasa sakit adalah mereka yang mendengarkan musik.

Musik adalah non-invasif, aman, intervensi murah yang harus tersedia untuk semua orang yang akan menjalani operasi, “ tulis penulis utama studi dari Brunel University di United Kingdom, Catherine Meads, Ph.D.

Selain membantu mengurangi rasa sakit, musik juga bisa mengobati kondisi kronis dan dapat memainkan peran yang kuat. Sebuah tinjuan baru-baru ini dalam World Journal of Psychiatry menemukan bahwa terapi musik bisa menjadi pengobatan efektif untuk masalah gangguan suasana hati yang berhubungan dengan kondisi neurologis, termasuk penyakit parkinson, demensia, stroke, dan multiple sclerosis.

Mereka juga mencatat bahwa tidak ada efek samping negatif yang dilaporkan dalam setiap uji coba yang dilakukan, sehingga membuat pengobatan dengan menggunakan musik berisiko rendah.

Artikel Selanjutnya
Ajarkan Keberanian pada Anak Lewat Dongeng Asli Indonesia
Artikel Selanjutnya
Lemon Dapat Tingkatkan Imun Tubuh