Sukses

5 Cara Mudah Hilangkan Stres di Meja Kantor

Liputan6.com, Jakarta Stres bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, serta bisa berefek buruk, baik pada kesehatan mental maupun kesehatan fisik.

Salah satu tempat yang seringkali membuat stres ialah kantor. Walaupun Anda mungkin tak bisa melakukan senam yoga untuk mencegah stres ketika berada di kantor, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan di meja kantor.

Di bawah ini ada lima cara penghilang stres, seperti disarankan oleh seorang psikoterapis, Amy Morin, dilansir dari Forbes, Senin (17/10/2016):

1. Lenturkan otot

Stres bisa menyebabkan ketegangan pada otot-otot di tubuh Anda. Untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks, mulailah melemaskan otot, dimulai dari jempol kaki hingga ke leher Anda. 

2. Bayangkan tempat yang menyenangkan

Membayangkan diri ke tempat yang menyenangkan dapat membantu mengurangi stres. Caranya, tutup mata beberapa menit sambil membayangkan Anda sedang berada di tempat favorit Anda. Libatkan juga semua indera Anda ketika sedang memikirkannya. 

 

1 dari 2 halaman

Tarik napas dalam-dalam

3. Tarik napas dalam-dalam

Anda mungkin tidak begitu memperhatikan cara bernapas Anda, padahal menurut The American Institute of Stress, teknik bernapas juga membantu mengurangi stres.

Menarik napas dalam-dalam juga dapat meningkatkan pasokan oksigen ke otak sehingga terasa tenang. Meskipun ada berbagai teknik pernapasan, namun menggabungkannya dengan visualisasi sangat membantu melepaskan stres.

4. Mendengarkan musik

Melibatkan indera adalah cara lain memfokuskan kembali perhatian Anda dan membantu melepaskan kekhawatiran dan stres. Banyak sekali cara untuk melibatkan indera Anda, seperti melepaskan stres dengan mendengarkan musik, melihat foto keluarga, memijat tangan dengan lotion harum, makan permen favorit Anda, dan sebagainya. 

5. Tertawa

Tertawa adalah salah satu cara terbaik mengurangi stres. Tertawa akan merangsang sirkulasi yang akan mengurangi ketegangan, stres, meningkatkan produksi endorfin, dan memberikan perasaan rileks.

Kelilingi diri Anda dengan beberapa benda yang akan membuat Anda tertawa, misalnya folder komputer yang berisi kartun-kartun lucu, foto lucu, atau buku lelucon konyol. Bahkan kesediaan untuk menertawakan diri sendiri, terkadang juga dapat berfungsi sebagai pelepas stres.