Sukses

Mengapa Kurang Tidur Bikin Sulit Fokus?

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda kurang tidur, otak bekerja dengan lamban sehingga sulit mengingat berbagai hal dan pengalaman. Terlebih lagi, Anda pun sulit fokus, mengapa ini terjadi?

Ternyata menurut penelitian, tidur yang kurang sangat mengganggu memori dan kemampuan pembelajaran Anda.

Para peneliti yang berasal dari University of California, San Diego, memeriksa kadar kortisol dari 55 pasien dengan kondisi apnea tidur, setiap dua jam selama 24 jam, lalu mereka diminta mengambil serangkaian tes untuk menilai fungsi kognitifnya.

Selain itu para peneliti juga melihat berapa kali mereka berhenti bernapas dan seberapa sering kadar oksigennya menurun dalam menanggapi obstruksi jalan napasnya.

Studi ini menemukan, bahwa tingkat tinggi kortisol yang diprediksi oleh para peneliti telah mempengaruhi disfungsi kognitif seseorang, bukan karena kekurangan oksigen seperti yang telah diasumsikan oleh suatu penelitian sebelumnya.

Ini karena dalam penelitian menunjukkan, tingkat tinggi kortisol telah menunjukkan efek buruknya pada hippocampus otak, yaitu struktur yang berada di lobus temporal otak yang tujuannya adalah untuk memperoleh informasi dan mengkonsolidasikan informasi ke dalam memori jangka panjang.

Hasil penelitian ini menjelaskan mengapa individu yang kurang tidur sering menunjukkan kurangnya kemampuan konsentrasi dan mengingat sesuatu (memori).

Para peneliti berharap, bahwa hasil penelitian ini bisa menjadi motivasi yang baik untuk meyakinkan orang-orang tentang betapa pentingnya kualitas tidur yang baik, serta tidak mengabaikan gangguan tidur yang mereka alami.