Sukses

5 Makanan Sehat agar Kulit Wajah Sehat dan Kinclong

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin berpikir bahwa nutrisi beberapa makanan hanya mempengaruhi kesehatan internal dan berat badan Anda. Namun makanan yang tepat juga dapat meningkatkan kualitas kulit wajah Anda menjadi lebih sehat bahkan kinclong.

“Anda dapat melihat makanan sebagai bahan baku untuk pabrik. Semakin baik kualitas bahan bakunya, semakin besar pula kemungkinan kita menghasilkan produk yang baik,” ujar dokter naturopati di Mississauga, Ontario, Ian Koo.

Di bawah ini adalah makanan yang harus Anda konsumsi untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah bahkan membuatnya kinclong, seperti dilansir dari Besthealthmag, Senin (17/10/2016).

1. Tomat

Mengonsumsi setiap makanan berbasis tomat dapat membantu membersihkan jerawat. “Lycopene (fitokimia yang membuat tomat berwarna merah) dapat menurunkan hormon yang mempromosikan tumbuhnya jerawat,” ujar seorang dokter naturopati, Alan Logan. Ia menyarankan untuk mengonsumsinya antara tiga sampai lima kali seminggu.

Lycopene dan karotenoid yang bisa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran lain yang berwarna oranye hingga kemerahan dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan kulit. Antioksidan memerangi radikal bebas yang dihasilkan dari paparan sinar matahari yang berlebihan,” ujar Koo.

2. Teh hijau

“Teh hijau dapat mengalahkan jerawat berdasarkan kemampuannya. Untuk menurunkan kadar hormon yang memproduksi jerawat disebut dihidrostestosteron (DHT),” ujar Logan. Ia menyarankan untuk minum teh hijau 3-5 cangkir setiap hari untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal bagi kulit Anda.

“Minuman ini juga dikemas dengan antioksidan yang akan membantu kulit Anda terlihat lebih muda dan sehat secara menyeluruh,” kata Koo.

3. Buah beri

Beri yang sangat berwarna seperti blueberry dan ceri, sarat dengan antioksidan yang membantu tubuh Anda melawan noda-noda di kulit serta membuat wajah menjadi lebih cerah.

4. Ikan dan makanan laut

Sebuah studi internasional yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Nutrition, menemukan bahwa orang yang mengonsumsi diet tinggi ikan dan makanan laut, memiliki kerutan lebih sedikit di kulitnya. Hal ini mungkin karena asam lemak Omega-3 yang ditemukan dalam ikan dan makanan laut, memperlambat proses kerutan di kulit.

“Asam omega-3 juga memiliki manfaat untuk mengatur suasana hati yang akan membantu mengurangi komponen stres yang menyebabkan jerawat,” ujar Koo. Ia menyarankan agar penderita jerawat, mengonsumsi 4-5 porsi ikan per minggu untuk mengatasi kondisi tersebut.