Sukses

5 Alasan Alis Menipis

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda melihat alis mulai menipis, penting untuk mengetahui penyebabnya. Pastikan tidak lebih buruk, dan bisa tumbuh kembali meski perlahan.

Berikut ini lima alasan rambut alis rontok, dan cara agar alis kembali tumbuh, dilansir laman Smarthealthadvice, Senin (17/10/2016).

1. Pakai pinset

Memakai pinset adalah metode yang tampaknya aman untuk merapikan alis Anda, dan hasilnya bisa bertahan lama daripada dicukur. Tapi jangan berlebihan, karena bisa membuat rontok.

Sebelum mulai menggunakan pinset, pertimbangkan lebih dulu pertumbuhan alis, karena butuh waktu enam bulan untuk kembali.

Rambut alis akan tumbuh di dalam, saat alis dicabut dengan pinset. Sehingga kulit tumbuh di atas pori-pori yang mengakibatkan benjolan merah. Sehingga mengakibatkan infeksi.

Bersihkan pinset dengan alkohol sebelum mencabuti alis agar bakteri tidak menempel di pinset dan kulit. Mencabut alis bisa merusak folikel bawah rambut, yang mengakibatkan alis rontok permanen.

2. Kekurangan gizi

Secara umum kekurangan nutrisi berpengaruh buruk terhadap rambut di kulit kepala, dan menyebabkan alis jarang. Agar alis bisa kembali tumbuh, diperlukan zat besi dan seng untuk mengembalikan folikel rambut. Ini bisa ditemukan dalam daging tanpa lemak atau lentil.

Vitamin D juga dapat membantu mengaktifkan pertumbuhan protein rambut untuk perbaikan sel. Omega-3 dalam ikan berlemak seperti salmon juga bagus untuk menghidrasi rambut rusak.

Sementara biotin atau dikenal dengan vitamin B7 bisa ditemukan dalam telur dapat membantu memperkuat akar rambut. Dan vitamin B12, yang menyebabkan rambut rapuh.

3. Penuaan

Ketika Anda beranjak tua, rambut pada umumnya akan lebih tipis, kering, dan rontok. Hal itu juga berpengaruh pada alis. Untuk mencegahnya sebaiknya jangan sering membuat alis panas, cegah stres, serta pastikan Anda terhidrasi dengan cukup baik.

4. Hipotiroidisme

Alasan lainnya mungkin kelenjar tiroid yang mengontrol laju penggunaan sumber energi, sintesis protein dengan memproduksi hormon tiroid Anda rendah.

Tiroid tidak menghasilkan cukup hormon diakibatkan terlalu lelah, pembekuan akibat cuaca dingin, serta berat badan yang berlebih. Namun penyebab paling umum adalah defisiensi yodium.

5. Dermatitis atopik (eksim)

Ini merupakan kondisi medis yang mungkin menyebabkan alis tipis. Peradangan kulit yang mengarah ke kulit gatal, merah, dan bengkak. Dan ini bisa memengaruhi sekitar 20 persen seluruh manusia, khususnya anak-anak muda.

Meski tidak umum, namun kulit sekitar alis bisa gatal dan merah. Jika begitu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit.