Sukses

Tidur Tengkurap Bisa Sebabkan Nyeri Punggung?

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang memilih posisi tengkurap saat tidur. Tapi, terkadang tidur tengkurap bisa menimbulkan masalah pada tubuh Anda seperti terasa encok atau sakit di bagian belakang.

Kabar baiknya adalah, tidur dengan posisi tengkurap tidak masalah bagi orang dewasa yang sehat dan bugar. Namun, posisi ini bisa memicu rasa tidak nyaman bagi orang yang sudah menderita nyeri punggung kronis.

Dalam beberapa kasus, tidur dengan posisi perut di bawah bisa menyebabkan daerah pinggang Anda atau punggung bawah dipaksa melampaui batas-batas normalnya. Kondisi ini bisa menegangkan ligamen di belakang tulang Anda yang dapat menyebabkan atau memperburuk nyeri punggung.

Jika punggung Anda sakit saat mencoba untuk tidur, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengganti posisi tidur favorit Anda tersebut.

Pertama, jika Anda terbiasa tidur tengkurap, tempatkan bantal di bawah perut Anda. Ini tidak membuat punggung Anda tegang dan mencegah nyeri punggung, dilansir laman Prevention, Senin (17/10/2016).

Kedua, jika Anda tidur dengan posisi miring, tarik kaki Anda ke arah dada dan tempatkan bantal di antara kaki Anda. Ini juga membantu mengurangi ketegangan punggung.

Ketiga, apabila Anda tidur telentang, letakkan bantal kecil atau gulung handuk di bawah lutut Anda. Ini membantu punggung bawah tetap mempertahankan lekukan alaminya.

Jika nyeri punggung masih terasa saat tidur dan mengganggu kualitas tidur Anda, segera kunjungi dokter. Jika diperlukan, beberapa pemeriksaan akan dilakukan untuk melihat apa penyebab sakit punggung tersebut.