Sukses

7 Cara Periksa Payudara yang Harus Diketahui Wanita

Tujuh hal yang perlu wanita ketahui saat memeriksakan payudaranya.

Liputan6.com, Jakarta Wanita wajib untuk melakukan Periksa payudara sendiri atau yang dikenal dengan SADARI, untuk mendorong kepekaan dan kontrol kesehatan agar terhindar dari kanker payudara. Namun hingga kini masih banyak wanita yang belum tahu persis bagaimana cara dan apa saja yang perlu diketahui dalam memeriksa payudaranya sendiri.

Kanker payudara umumnya dapat terjadi di mana saja pada bagian payudara. Dari banyak kasus, lokasi yang paling sering ditemui adalah di bagian paling luar payudara dan terbagi menjadi empat letak yaitu luar atas, atas bagian dalam, bawah luar, dan dalam payudara.

Mengutip laman Live Strong, ditulis Minggu (16/10/2016) penting bagi wanita untuk mengetahui tujuh hal berikut saat melakukan pemeriksaan payudaranya, yaitu :

1. Apakah benjolan kecil atau besar?

2. Apakah benjolan terasa keras atau lembut?

3. Apakah benjolan berpindah-pindah tempat atau tetap?

4. Di ​​mana letak benjolan?

5. Apakah benjolan terasa menyakitkan?

6. Adakah perubahan warna dan bentuk pada puting payudara?

7. Adakah perubahan pada kulit payudara?

Jika wanita memiliki benjolan yang tidak normal, disertai dengan perpindahan benjolan di payudara yang terasa sakit Anda harus sesegera mungkin mengambil tindakan medis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini