Sukses

Ini Buah yang Wajib Dikonsumsi Penderita Wasir

Liputan6.com, Jakarta Wasir merupakan masalah kesehatan yang umumnya menyerang setengah dari orang dewasa pada usia 50 tahun. Hal ini terjadi akibat perubahan diet seperti asupan serat yang tidak cukup, terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, hingga faktor buang air besar (BAB) yang buruk.

Wasir sering kali dianggap enteng oleh penderitanya. Bahkan sebagian besar dari penderita terkadang menganggap masalah ini adalah kasus sembelit biasa. Bagi penderita wasir yang sudah akut, penting bagi mereka untuk mengonsumsi makanan sehat dan tinggi serat seperti sayur dan buah.

Sayangnya penderita wasir kadang asal saja dalam memilih buah. Menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse, khusus penderita wasir harus mengonsumsi serat harian yang ditemukan dalam buah setidaknya sekitar 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. 

Mengutip laman Live Strong, Minggu (16/10/2016) satu buah biasanya mengandung lima gram serat dan Better Health Foundation merekomendasikan jenis buah seperti, apel, blackberry, raspberry, dan pir. Untuk membantu BAB lebih lancar, penderita wasir juga dapat mengonsumsi biji-bijian dan sayur setiap hari.

Meningkatkan asupan buah dan makanan yang kaya serat pada akhirnya memberikan banyak keuntungan dan manfaat bagi penderita wasir, juga mencegah meningkatnya produksi gas pada lambung, diare, kembung, dan kram perut.