Sukses

Kenari, Rahasia Sperma Sehat dan Kuat

Liputan6.com, Jakarta Makanan dan minuman yang dikonsumsi serta seberapa sering Anda berolahraga bisa memengaruhi kemampuan Anda untuk memiliki momongan. Meski begitu, dua genggam kenari ampuh membantu sperma Anda jadi lebih sehat.

Kenari merupakan sumber alami asam lemak omega-3 yang bersama dengan asam lemak tak jenuh lainnya diperlukan untuk mematangkan sperma dan melakukan tugasnya dengan baik. Makanan lain seperti minyak ikan atau biji rami (flaxseeds) juga memiliki kandungan yang sama, namun kenari lebih mudah ditemukan dan konsumsi.

Melansir laman Men's Fitness, Minggu (16/10/2016), para peneliti dari University of California telah menguji kemampuan kenari untuk membuat sperma tetap sehat dan kuat. Studi yang diterbitkan dalam Biology of Reproduction itu menunjukkan, pria yang mengonsumsi 78 gram kenari dalam sehari yang dibagi menjadi sekitar 2,5 sajian memiliki kadar lemak omega-3 serta omega-6 lebih tinggi dalam darahnya setelah 12 minggu. Bahkan ukuran, bentuk, dan kemampuan sperma mereka untuk berenang pun semakin baik.

Sementara pria yang tidak mengonsumsi kenari dan menghindari jenis kacang-kacangan yang tumbuh dari pohon selama 12 minggu itu tidak mengalami peningkatan kesehatan sperma.

Tentu saja diperlukan penelitian lebih lanjut akan manfaat kenari untuk mengatasi masalah kesuburan pria. Namun tak ada salahnya jika Anda--terutama yang tengah berusaha memiliki anak--untuk mulai mengonsumsi kenari.