Sukses

Penyebab Mual Usai Minum Vitamin di Pagi Hari

Liputan6.com, Jakarta Mual sehabis mengonsumsi vitamin di pagi hari mungkin sering Anda rasakan. Anda lalu bertanya mengapa kondisi semacam ini terus terjadi. Padahal kegunaan vitamin agar daya tahan tubuh bertambah bukannya malah semakin "drop".

"Ini masalah yang sangat umum," kata Profesor Klinis Asissten di Touro College of Osteopathic Medicine di New York, Niket Sonpal.

Khusus di kalangan masyarakat New York, mual sehabis mengonsumsi vitamin disebabkan kebiasaan mereka yang sering memasukkan vitamin bersamaan dengan kopi sebelum memulai olahraga.

Masih ada alasan lain yang membuat kita sering merasa mual sehabis mengonsumsi vitamin di pagi hari, seperti dikutip dari Women's Health Mag pada Sabtu (15/10/2016)

1. Minum saat perut kosong

Saat Anda minum vitamin apapun dalam perut kosong bisa menyebabkan iritasi ringan pada perut. Butuh waktu dua sampai tiga jam untuk vitamin masuk ke dalam usus, sehingga setelah jam-jam itu Anda akan terhindar dari iritasi dan mual. Kecuali jika Anda minum vitamin setelah sarapan.

 

1 dari 2 halaman

Minum vitamin berlebihan

2. Minum vitamin berlebihan

Rasa mual yang muncul bisa jadi karena vitamin yang Anda minum. Vitamin C, E, dan zat besi cenderung menyebabkan lebih banyak iritasi di perut. Jika multivitamin Anda memiliki kandungan yang tinggi bisa menyebabkan masalah perut.

3. Salah cara mengonsumsi vitamin

Salah cara minum bisa membuat perut mual. Lapisan luar yang ada dalam vitamin, menjaga vitamin dari proses larut yang cepat dan dapat mengakibatkan iritasi. Jika Anda minum vitamin yang dilapisi dan masih merasa mual, cobalah periksakan ke dokter. Jika kapsul menjadi masalah untuk perut Anda, mintalah untuk diganti vitamin yang dikunyah.

4. Minum terlalu banyak vitamin larut dalam lemak

Bisa jadi mual yang Anda rasakan karena minum terlalu banyak vitamin yang larut dalam lemak yakni vitamin A,D, E dan K. Vitamin yang tidak larut dalam lemak biasanya dikeluarkan lewat urine. Sedangkan yang larut dalam lemak meninggalkan deposit dalam tubuh Anda, sehingga Anda bisa merasakan mual sehabis mengonsumsi vitamin di pagi hari.