Sukses

Ini Cara Paskibraka Nasional dari Maluku Utara Bentuk Six Pack

Liputan6.com, Jakarta Argo Widyantama membuktikan bahwa remaja belasan tahun bisa memiliki bentuk tubuh "six-pack" tanpa perlu merengek minta uang orangtua untuk dipakai berlama-lama di pusat kebugaran (gym).

Argo yang merupakan Paskibraka Nasional 2016 dari Maluku Utara ini hanya menggunakan empat hari dari tujuh hari yang dia punya untuk calisthenics. Satu metode latihan pembentukan tubuh tanpa alat yang terbagi ke dalam dua bentuk latihan; tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah.

"Rutin latihan ini sejak November 2015. Tujuan pertama melakukan calisthenics karena ingin hidup sehat, fisik kuat, dan daya tahan tubuh juga kuat sehingga tidak mudah sakit. Bukan tuntutan karena ikut Paskibra sekolah. Murni karena kemauan Argo sendiri," kata Argo saat dihubungi Health Liputan6.com pada Jumat (14/10/2016)

Seleksi Paskibra sendiri baru dilakukan Januari 2016. Dua bulan setelah Argo rutin melakukan calisthenics. "Butuh waktu kurang lebih tiga bulan kalau hanya 'six-pack' atau 'abs'. Pembentukkan sampai mencapai goals lumayan lama, butuh satu tahun," ujar Argo.

Argo Widyantama Membuktikan Sixpack Bisa Didapat Tanpa Menggunakan Alat Apa pun

Ada 10 macam gerakan untuk masing-masing bagian tubuh yang harus dilakukan pelaku calisthenics untuk membentuk badan. Misal untuk pembentukan tubuh bagian atas yang terdiri dari otot bahu, dada, bicep, tricep, punggung, dan perut, latihan yang harus dilakukan adalah push up, pull up, back up, sit up, mountain climber, burpes, dips, plank, side plank, dan hadstand push up.

Argo sendiri melakukan variasi gerakan dalam empat set dan empat ronde. Ronde pertama, set 1 terdiri dari burpes 25 kali, sit up 20 kali, dan back up 20 kali; set 2 terdiri dari burpes 20 kali, sit up 15 kali, back up 15; set 3 terdiri dari burpes 15 kali, sit up 10 kali, back up 10 kali; gerakan yang untuk set 4 atau set terakhir adalah burpes 10 kali, sit up 5 kali, back up 5 kali.

"Variasikan saja semua gerakan tersebut. Turunkan repitasi di setiap set dan setiap ronde istirahat lima menit," kata Argo menambahkan. Putra pasangan Nirhono Jatmoko Adi dan Ardiyanti Dero ini tercatat sebagai siswa SMA Negeri 1 Ternate.

Argo, Paskibraka Nasional 2016 dari Maluku Utara, Memulai Hidup Sehat pada November 2015 dengan Rutin Calaesthetics

Lakukan semua gerakan tersebut sampai latihan pembentukan tubuh bagian atas selesai. Baru setelah itu melanjutkan ke pembentukan tubuh bagian bawah yang terdiri dari otot paha, bokong, betis. Gerakan yang harus dilakukan adalah squat, squat jam (jongkok, berdiri, melompat), jumping jacks, belly fat, ditutup dengan sprint sejauh 20 meter.

"Gerakannya juga harus divariasikan seperti latihan pembentukan tubuh bagian atas. Lakukan latihan calisthenics ini empat kali seminggu. Dua kali latihan tubuh bagian atas dan dua kali latihan tubuh bagian bawah," ujar Argo.

Namun, ada satu hal yang tidak luput dari perhatian Argo, yaitu asupan makan sehari-hari. Jauhi makanan tidak sehat dan mulai membiasakan mengonsumsi makanan sehat. Argo mulai mengurangi makanan tinggi lemak dan berminyak seperti gorengan, perbanyak putih telur, serta rajin minum segelas susu.

"Dan jangan lupa latihan dengan hati yang senang, pasti efektif," kata Argo menekankan.

Bergabung Street Workout sejak Agustus 2016

Sepulang dari bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional di Istana Merdeka pada perayaan HUT RI 71, Argo yang lahir pada 8 Februari 2001 memilih gabung ke satu komunitas street workout (olahraga di jalan) di Ternate yang fokus pada gerakan-gerakan calisthenics.

Inilah Komunitas Street Workout Ternate, Tempat Argo dan Teman-teman Melakukan Olahraga Calaesthetics

Argo menjelaskan bahwa komunitas Street Workout yang dicetuskan oleh Ari (22) pertama kali terbentuk pada 22 Agustus 2016. Gelora Kie Reha Ternate menjadi basecamp untuk mereka latihan. Ada 18 orang anggota yang terdiri dari berbagai kalangan bergabung ke Street Workout.

"Ada remaja seusia Argo, ada juga bapak-bapak, ibu-ibu," kata Argo.

Argo yang memiliki 2.376 pengikut di Instagram juga rajin mengunggah satu video berbagai macam gerakan yang dia dapatkan pada latihan hari itu. Video diedit sedemikian rapi agar tampak enak untuk ditonton dapat dilihat di akun @mhmdargo atau @streetworkoutternate.

Berikut gerakan-gerakan calisthenics yang pernah diunggah ke akun Instagram tersebut.

 

Argo mengajak untuk mulai menjalani gaya hidup sehat

Argo merasa yakin bahwa remaja seusia dia juga sudah sadar untuk mulai menjalani gaya hidup sehat. Karena dia yakin, memiliki fisik, ketahanan tubuh yang kuat, dan jasmani yang sehat dibutuhkan masing-masing remaja agar kelak mendapat hasil yang bagus saat menjalani tes kesehatan sewaktu melamar pekerjaan.

Bagaimana juga, lanjut Argo, kesehatan merupakan aspek penunjang aktivitas sehari-hari. Argo sudah bertekad untuk mempertahankan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi sampai kapan pun.

 

 

Pencitraan♦

A photo posted by muhammadargo (@mhmdargo) on

Argo yang dikenal teman-teman Paskibraka Nasional 2016 sebagai anggota yang paling pecicilan mengimbau agar para remaja mulai menerapkan pola hidup yang sehat, jauhi rokok, minuman keras beralkohol, dan narkoba.

"Mari sama-sama membangun generasi muda Indonesia yang sehat demi kemajuan bangsa Indonesia di mata dunia. Salam paskibraka!," kata Argo menekankan.