Sukses

Beragam Manfaat Kesehatan dari Daun Mimba

Liputan6.com, Jakarta Mungkin nama daun yang satu ini masih janggal di telinga Anda, namun khasiat dari daun sehat yang dikenal dengan sebutan Neem atau Mimba asal India ini memiliki beragam manfaat sehat yang menguntungkan tubuh.

Daun berwarna hijau ini berasal dari pohon Neem yang memiliki ketinggian sekitar 40 sampai 50 kaki. Dari zaman Ayurveda kuno, telah disebutkan keuntungan sehat yang dapat dirasakan pada tubuh manusia.

Seperti dikutip laman Boldsky, Jumat (14/10/2016) daun sehat ini mengandung zat azadirachtin, yang bersifat anti-mikroba serta berkualitas antiseptik.

Zat tersebut dapat mencegah pertumbuhan mikroba dan juga bersifat anti-inflamasi yang efektif mengatasi rasa sakit pada sendi. Bahkan sebuah studi ilmiah mengungkap kemampuan daun mimba ini untuk mengurangi iritasi dan menurunkan rasa sakit pada saluran usus.

Kandungan polisakarida dalam daun mimba juga dijadikan sebagai bahan perawatan kebersihan gigi dan mulut untuk mencegah infeksi di rongga mulut.

Keuntungan lain dari mimba, mampu mengelola masalah jantung dan meningkatkan sirkulasi darah. Ekstrak daun mimba juga dapat mengurangi pembekuan darah, tekanan darah tinggi, hiperlipidemia (penyakit yang mempengaruhi kadar lemak) dan menurunkan kadar gula darah.