Sukses

6 Tips Cepat 'Move On' dari Mantan

Liputan6.com, Jakarta Umumnya, kondisi putus cinta disertai perasaan tidak nyaman, kesedihan serta kekecewaan mendalam yang kerap membuat setiap individu yang merasakannya seolah seperti sedang disiksa berulang kali.

Beberapa orang membutuhkan waktu mingguan hingga bulanan untuk melupakan pasangan yang ia sakiti atau yang menyakitinya, sementara beberapa lainnya memakan waktu tahunan untuk betul-betul pulih dari sakitnya perasaan saat dan pasca putus cinta.

Setiap orang yang melewatinya sebetulnya berhak mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk pulih lebih cepat dan beraktivitas seperti normal agar dirinya bisa tetap maju dan masa depannya tidak terhambat oleh masalah cinta.

Berikut 6 tips agar setiap orang bisa lebih cepat move on dari mantan, seperti dilansir dari sejumlah sumber, Jumat (14/10/2016):

 

Hilangkan semua barang yang menyimbolkan hubungan cinta

Ini mungkin sulit dilakukan namun sangat diharuskan apabila ingin sepenuhnya pulih dan bisa maju dalam hidup tanpa harus terhambat dengan pikiran yang tidak perlu akan masa lalu kelam. Kalau tidak kuat hati untuk membuangnya, maka simpanlah dalam boks. Semua hal mulai dari foto, pakaian, sepatu, tiket menonton, parfum apa pun yang mengingatkan seseorang akan mantannya, perlu dimasukkan dalam boks dan ditaruh di suatu tempat yang tentunya jarang dihampiri seperti gudang.

Tutup semua jalur komunikasi dengan mantan

Ini juga tidak mudah dilakukan namun sama hal nya dengan barang, apabila tidak dieliminasi dari hidup kita, maka menghilangkannya dari pikiran akan menjadi lebih rumit daripada yang kita pikir. Hapus media sosialnya dari milik Anda, jika belum bisa maka jauhkan diri Anda dari semua alat perangkat teknologi. Hindari segala bentuk upaya untuk menghubungi dirinya.

1 dari 2 halaman

Melupakan mantan

Saatnya untuk keluar kota atau negeri

Ini bukan berati Anda lari dari kenyataan namun hal ini dibutuhkan agar Anda bisa lebih jernih berpikir soal yang terbaik untuk diri sendiri. Cari suasana baru, berkenalan dengan lingkungan baru dan coba hal-hal baru yang bisa membantu Anda lupa akan keberadaan sosok mantan di hidup Anda.

Berkomunikasi dengan orang-orang terdekat

Jangan pernah malu atau takut untuk menceritakan apa yang terjadi kepada orang-orang terdekat. Jangan lupa beritahu mereka untuk mendengarkan terlebih dahulu sebelum memberikan saran karena sebetulnya setiap orang yang sedang sakit hati hanya membutuhkan seorang pendengar bukan seseorang yang akan terus-menerus mengocehinya.

Buat memori baru dengan orang baru

Terkadang yang membuat kita susah move on dari mantan adalah bukan sosoknya namun kenangan bersamanya. Mulailah mendengarkan lagu dan pergi ke tempat di mana biasanya Anda menghabiskan waktu bersamanya, namun kali ini bawa orang lain bersama Anda. Buatlah memori baru dengan suasana dan lokasi yang sama. Ini kerap menjadi obat paling manjur untuk bisa lebih cepat move on.

Catat segala keburukannya

Cara ini bukan adalah metode terbaik bagi mereka yang kesulitan untuk melakukan mantan hingga tahunan. Mereka harus mencoba menulis segala keburukan yang telah diperbuat hingga menyakiti hati sehingga orang tersebut lebih mudah melepaskannya. Coba lebih fokus tulis hal positif yang Anda bisa lakukan tanpa sosok mantan tersebut.