Sukses

7 Rahasia Profesional Luruskan Rambut Tanpa 'Catokan'

Liputan6.com, Jakarta Tren rambut lurus sepertinya masih belum tergantikan. Meski banyak wanita yang kini lebih suka rambut bervolume, namun penggunaan alat pengering seperti hair dryer atau pelurus rambut seperti catokan (flat iron) masih banyak diminati.

Sayangnya, penggunaan bahan kimia ditambah alat pengering atau pelurus rambut ini dapat merusak enamel rambut. Tak heran bila rambut akan kering setelah beberapa kali pemakaian.

Stylist ternama di New York City's Butterfly Studio, Jill Engelsen mengatakan, teknik meluruskan rambut memang tidak bekerja bagi semua orang. Selain karena jenis rambut tapi juga tergantung dari alat yang digunakan.

Tapi daripada menggunakan alat yang bisa merusak rambut, Engelsen memberikan tips untuk membuat rambut lurus alami tanpa pemanas.

1. Mulailah dengan sampo yang tepat dan conditioner

"Sangat penting untuk mulai keramas dengan sampo yang tepat dan conditioner yang dibuat untuk rambut lurus," kata Scunci, celebrity stylist Laura Polko.

Setelah keramas, Anda bisa mengoleskan serum smoothing atau minyak, tergantung pada jenis rambut.

2. Gunakan handuk yang ekstra menyerap air

Anda bisa memulai proses pengeringan dengan menggunakan handuk penyerap seperti Aquis, yang membantu sumber kelembaban rambut dengan cepat tanpa menyebabkan kerusakan dan keriting.

3. Tetap menyisir rambut sampai kering

Untuk meluruskan rambut dengan mudah, Anda bisa menyisir rambut basah ke arah bawah dan menariknya agak kuat dengan tangan setiap beberapa menit sampai mengering.

"Teknik akan akan membuat rambut lurus alami walaupun agak bergelombang. Anda juga bisa memberikan minyak rambut di ujung rambut. Jika tidak yakin, gunakan sisir basah," kata Engelsen, seperti dikutip Elle, Senin (17/10/2016).

4. Bungkus rambut basah di kepala Anda, kemudian tunggu

Di Argentina, ada teknik pengeringan rambut yang dinamai Toca. penata rambut selebritas, Ricardo Rojas dari Ricardo Rojas Atelier di New York City, mengeringkan rambut dengan air dingin sampai hampir kering, kemudian menjepit rambut di kepala Anda. "Saudara saya melakukan ini pada malam hari dan akan bangun keesokan harinya dengan rambut lurus dan halus."

5. Gunakan rol jumbo

Untuk rambut panjang, gunakan sekitar enam rol jumbo di bagian rambut yang dikeringkan. Sebisa mungkin gunakan rol bukan dari bahan plastik atau dari kain seperti Velcro.

6. Gunakan produk yang tepat

"Saya menggunakan gel khusus untuk menghaluskan rambut," kata Engelsen.

7. Gunakan kipas angin

Sebisa mungkin gunakan udara dingin untuk mengeringkan rambut. Anda mungkin bisa menggunakan kipas angin, tanpa produk apapun. Kombinasikan dengan jari-jari Anda untuk membantu meluruskan," kata Rojas. Setelah benar-benar kering, gunakan produk alami seperti minyak kelapa untuk membuat kutikula rambut menjadi lebih lembut dan menghilangkan keriting.