Sukses

5 Cara Agar Jumlah Sperma Melonjak

Liputan6.com, Jakarta Jumlah sperma yang diproduksi tubuh tergantung pada apa yang dilakukan seorang pria. Jika ia sering menjaga asupan makanan, olahraga serta menjalankan gaya hidup sehat, jumlah sperma yang keluar dalam air mani pasti tinggi.

Nah, berikut lima hal yang membuat jumlah sperma Anda melonjak seperti dikutip laman Ask Men, Sabtu (15/10/2016).

1. Latihan otot

Studi pada 2013 menunjukkan pria yang rutin berolahraga memiliki jumlah sperma lebih banyak dibandingkan yang tidak. Salah satu olahraga yang diterapkan berdasarkan studi ini adalah angkat beban.

"Olahraga angkat beban telah menunjukkan mampu meningkatkan tingkat testosteron dan sensitivitas insulin. Keduanya terkait dengan meningkatnya jumlah sperma," tulis peneliti dalam studi tersebut.

2. Kurangi konsumsi minuman beralkohol

Alkohol mempengaruhi fungsi hati juga meningkatkan kadar estrogen secara signifikan. Bahkan, hanya dengan minum dua gelas minuman beralkohol bisa berdampak jangka panjang pada produksi sperma.

3. Konsumsi makanan tinggi protein
Asupan makanan mampu menggenjot produksi sperma. Oleh karena itu dalam mengonsumsi makanan terapkan diet seimbang, mengonsumsi makan rendah lemak, tinggi protein, sayuran, dan biji-bijian.

Hindari juga daging olahan seperti sosis, bakso, kornet. Studi menunjukkan asupan makanan tersebut berpengaruh buruk terhadap jumlah sperma.

4. Jauhkan benda bersuhu panas di dekat selangkangan

Dibandingkan area lain pada tubuh, suhu pada testikel lebih dingin. Hal ini penting untuk memproduksi sperma. Namun jika Anda sering meletakkan aneka benda panas seperti laptop lalu sering menggunakan celana ketat bisa mempengaruhi produksi sperma.

5. Setop merokok

Jika memang ingin memiliki buah hati segera setop merokok. Pada pria perokok jumlah sperma 22 persen lebih sedikit dibanding yang tidak merokok.