Sukses

Pria, Begini Cara Bersihkan Penis yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Seperti vagina, penis juga menjadi bagian intim dari pria yang harus dilindungi dan terjaga kebersihannya. Sebab berbagai kuman berpotensi masuk ke dalam penis jika pria lalai membersihkannya.

Umumnya pria berpikir bahwa mencuci penis dengan air bersih sudah cukup untuk menghilangkan kotoran atau kuman. Padahal ada cara yang lebih tepat dan benar untuk membersihkan penis.

Mengutip laman Ayurvediccure, ditulis Jumat (14/10/2016) berikut cara yang dianjurkan bagi para pria untuk membersihkan penisnya.

1. Gunakan air hangat

Selalu gunakan air hangat untuk membersihkan penis dan bilas hingga bagian bawah penis. Bersihkan penis dengan air hangat setidaknya sekali atau dua kali sehari.

Jika penis tidak dibersihkan secara teratur, khususnya di bagian kulup penis, dapat menyebabkan penumpukan smegma (kotoran pada penis) yang pada akhirnya membuat beragam masalah kesehatan.

2. Hindari penggunaan sabun yang berlebihan

Penggunaan sabun dalam bentuk gel atau cair, jika digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan daerah di sekitar penis perih dan terasa sakit. Jika Anda tengah mengalami iritasi kulit, sebaiknya pilih sabun yang ringan.

3. Jangan gunakan wewangian

Jangan pernah menyeprotkan wewangian seperti parfum bahkan deodoran di sekitar penis. Ini akan menyebabkan wilayah penis iritasi parah dan masalah kulit lainnya.