Sukses

Puskesmas Kebon Jeruk Sediakan Tempat Refleksi Gratis

Gedung Puskesmas Kebon Jeruk terdiri dari empat lantai yang menyediakan banyak fasilitas.

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan Puskesmas Kebon Jeruk menjadi viral di media sosial, lantaran fasilitas yang dimilikinya tak berbeda dari rumah sakit. Dari jauh gedung besar berlantai empat ini juga sudah tampak dengan tulisan 'Puskesmas Kebon Jeruk' berwarna oranye.

Memasuki lobi utama, pasien bisa langsung melihat loket pendaftaran yang dibagi menjadi tiga, di mana setiap petugas menyambut dengan ramah.

Ketiga loket itu memiliki fungsi yang berbeda. Loket pertama 'Triase' yaitu loket yang mendahulukan pasien yang datang dengan kondisi darurat, agar bisa langsung diantar ke ruang UGD.

Jika kondisi tidak darurat, pasien pun diminta untuk ambil nomor antrean yang sudah menggunakan teknologi touch screen.

Tapi tenang saja, kalau Anda tidak mengerti cara pengambilan nomor, ada petugas yang selalu membantu para pasien. Loket kedua yaitu pelayanan keluhan pasien. Dan loket ketiga berupa pendaftaran khusus lansia.

Pasien yang harus menunggu antrean di Puskesmas Kebon Jeruk tak bakal bosan karena fasilitas yang cukup memadai seperti TV besar, wifi gratis, dan juga charger box. Dan itu ada di setiap lantai.

Dikatakan Kepala Legal dan Humas Puskesmas Kebon Jeruk, Marzunanta kepada Health-Liputan6.com, lantai satu khusus untuk pelayanan 24 jam, lansia, serta pasien penyakit tidak menular (PTM). Juga disediakan tempat refleksi bagi pengunjung yang datang

"Pertimbangannya agar para lansia tidak perlu naik tangga, atau lift saat berobat di sini," ujarnya.

Bagi pasien dengan penyakit umum bisa naik ke lantai dua untuk mendaftarkan diri ke loket yang tersedia. Setelah itu, mereka pun bisa langsung menuju lantai tiga di mana setiap poli tersedia.

"Ini karena lantai dua berisi ruang bersalin, laboratorium, poli gizi, ruang tfc (pemulihan gizi), hingga ruang konseling," tambahnya.

Hampir semua poli tersedia di lantai ini seperti poli umum, ptm, mata, ims, lansia, pal, gigi, mtbs, ruang laktasi, dan radiologi. Di lantai ini juga tersedia tempat bermain anak. Untuk lantai empat, berisi kantor administrasi.

Di setiap lantai tersedia toilet, mushalla, yang bersih serta terjaga.

Pelayanan Puskesmas Kebon Jeruk mulai pukul 08.00-14.00 WIB. "Pelayanan umum dilakukan 24 jam, mulainya dari jam dua siang," tambahnya.

Marzunanta mengatakan fasilitas Puskesmas Kebon Jeruk ini akan terus mengikuti perkembangan. Dan semuanya dilakukan untuk masyarakat.

"Kita memang belum tahu inovasi kita nanti seperti apa, tapi yang pasti kita fokus dan tetap melakukan yang terbaik untuk melayani masyarakat," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini