by

Anda Ingin Punya Gigi Putih Berkilau?

  • Berita
  • 0
  • 06 Feb 2010 12:01
Liputan6.com: Apakah Anda salah satu di antara mereka yang memiliki masalah dengan warna gigi? Noda pada gigi biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di antaranya makanan, minuman, penuan, hingga produk obat kumur yang sering digunakan. Selain mengganggu penampilan saat tersenyum, noda pada gigi juga dapat merusak gigi.

Anda ingin punya gigi putih dan berkilau? Ada beberapa rahasia yang dapat Anda praktekkan agar gigi Anda putih dan berkilau pula.

Jauhi rokok.
Sebagian perokok menganggap rokok dapat memberikan ketenangan. Tapi tahukah Anda, tidak sedikit dampak buruk rokok bagi kesehatan, bila terlalu banyak mengkonsumsi. Satu di antaranya adalah kesehatan gigi. Rokok merupakan salah satu perusak gigi terburuk. Bahan nikotin yang ada pada rokok dapat menyebabkan noda coklat yang menempel pada email gigi. Noda ini sangat sulit  dihilangkan jika hanya menggunakan sikat gigi. Semakin sering merokok, semakin banyak nikotin yang menempel dan menodai gigi Anda. Tidak hanya noda, merokok pun bisa membuat bau pada mulut, penyakit gusi, hingga kanker mulut.

Produk pemutih gigi.
Terlalu banyak produk pemutih gigi beredar dipasaran. Alih-alih dapat memutihkan gigi, justru warna gigi Anda malah bisa tidak karuan. Noda yang terlanjur melekat pada gigi, sangat sulit dihilangkan. Kita tetap memerlukan bantuan dokter gigi.

Cegah penodaan pada gigi
Bertambahnya usia, membuat bagian luar email gigi juga akan terkikis. Lapisan bawah email memiliki kecenderungan warna yang lebih kuning. Sangat penting bagi Anda untuk menghindari faktor penyebab noda pada gigi. Selalu waspada dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Mungkin tidak perlu menghilangkan kebiasaan, tapi cukup dengan membiasakan diri menyikat dan berkumur dengan air putih setiap kali makan ataupun minum.

Gunakan resep leluhur.
Mengkonsumsi seledri, apel pir, dan wortel, seringkali dianjurkan orangtua atau leluhur. Ternyata kebiasaan ini dapat memicu produksi saliva atau air liur yang akan membantu menghilangkan kotoran gigi. Coba juga kunyah permen karet yang bebas gula untuk meningkatkan saliva. Air liur sangat dibutuhkan gigi untuk menetralkan asam yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

Lakukan perawatan setiap hari
Salah satu cara mudah merawat gigi adalah dengan menggosoknya setiap hari. Biasakan menyikat gigi dua kali sehari, serta melakukan flossing sekali sehari. Menyikat gigi akan membantu Anda mencegah noda dan proses penguningan pada gigi, terutama pada garis gusi. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan gigi rutin ke dokter gigi.(ETA/www.preventionindonesia.com)




Comments
Sign in to post a comment