Sukses

6 Makanan untuk Tidur Lebih Nyenyak Malam Ini

Makanan yang dikonsumsi sebelumnya, bisa membuat sulit tidur nyenyak malam ini.

Liputan6.com, London - Sulit tidur di malam hari bisa jadi akibat makanan yang dikonsumsi sebelumnya. Menurut pakar, makanan yang dikonsumsi sebelumnya memang bisa membuat sulit tidur nyenyak malam ini.

Agar tidur lebih nyenyak disarankan untuk menghindari makanan tinggi garam dan lemak seperti dituturkan ahli nutrisi Frida Harju. Ia juga menuturkan makanan-makanan yang sebaiknya dikonsumsi sebelum tidur. Apa saja?

Berikut tujuh makanan yang baiknya dikonsumsi agar tidur nyenyak nanti malam seperti diungkap Frida mengutip laman Daily Mail, Rabu (12/10/2016).

1. Pisang

Pisang mengandung magnesium dan kalium yang membuat otot-otot lebih rileks. Dalam pisang juga mengandung triptofan yang memicu produksi serotonin di otak. Sehingga hal ini bisa membuat suasana hati lebih baik, tidur pun lebih nyenyak.

2. Anggur

Buah yang satu ini tinggi kalium dan magnesium, selain itu juga kaya melatonin. Hormon yang satu ini membuat tidur terlelap.
Namun ingat, pilih konsumsi buah anggur bukan minuman anggur. Sebagian besar melatonin hilang pada saat produksi wine ataupun alkohol.

3. Almond

Kacang yang satu ini kaya magnesium dan triptofan yang membuat otot-otot tubuh lebih rileks. Selain itu juga mengandung protein yang membantu membuat stabil gula darah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sayuran hijau

4. Kale dan sayuran hijau lain

Sayuran hijau seperti kale mengandung kalsium tinggi yang membantu mengubah asam amino di otak menjadi melatonin. Produksi hormon inilah yang membuat tubuh jadi lebih mudah mengantuk.
Sayuran hijau juga kerap menjadi pilihan bagi mereka yang tidak ingin mengonsumsi susu dan produk olahannya. Dibandingkan susu, sayuran hijau memiliki manfaat yang sama membuat tidur lebih nyenyak dan rendah lemak.

5. Ceri

Studi beberapa tahun terakhir mengungkap buah ceri terbukti meningkatkan melatonin dalam tubuh. Salah satunya studi dari Northumbria University, Inggris mengungkap mengonsumsi jus ceri bisa membuat tidur lebih 40 menit lebih nyenyak.
Nah, bagi Anda yang sulit tidur, cobalah untuk mengonsumsi buah ceri atau minum segelas jus ceri sebelum tidur.

6. Madu

Mengonsumsi madu dalam air putih bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak malam ini. Meski mengandung glukosa, madu bisa menekan hormon stres. Sehingga tak heran jika mengonsumsi madu bisa membuat tidur lebih nyenyak. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini