Sukses

Wanita Usia Ini Alami Kehidupan Seksual Terhebat

Liputan6.com, Jakarta Usia menua kehidupan seks ikut memudar? Jawabnya belum tentu. Sejumlah wanita malah mengaku kehidupan seksualnya makin hebat di usia ini.

Penelitian yang disajikan dalam pertemuan tahunan The North American Menopause Society di Orlando memaparkan ketika sejumlah wanita dan pasangannya mengalami libido yang rendah karena usia yang menua, ada wanita yang mengalami kehidupan seks terbaik di dalam hidupnya.

"Kami terkejut menemukan sekelompok wanita yang mengatakan seks menjadi lebih baik saat mereka bertambah tua," kata Holly Thomas, penulis utama studi tersebut, seperti dilaporkan Today, Selasa (11/10/2016).

Usia yang bertambah tua memang memberikan perubahan fisik pada wanita dan terkadang memengaruhi kemampuan dalam menikmati seks. National Institute on Aging mencontohkan wanita mengalami perubahan di vaginanya yang memendek dan menyempit, dinding vagina menjadi lebih tipis dan kaku.

Selain itu, kebanyakan wanita mengalami kekeringan vagina, dan melaporkan libido rendah akibat fluktuasi hormon, seperti testosteron, yang mempengaruhi gairah seksual bagi pria dan wanita.

Pada studinya, tim peneliti mewawancarai lebih dari 36 wanita antara usia 45 hingga 60 tahun. Para wanita ini mengungkapkan, kepuasan seksual lebih tinggi pada usia paruh baya. Meski saat mereka jarang bercinta.

Para wanita yang menikmati bercinta di usia tua itu memahami dengan baik tubuh mereka. Hal itu membuat mereka merasa nyaman di kulit dan tubuh ketika bercinta. Dan tentu saja mereka menjadi lebih percaya diri dalam mengekspresikan diri secara seksual, serta mengomunikasikan kebutuhan mereka pada pasangannya.

"Ketika mereka masih muda mereka tidak berdaya mengatakan tidak berhasil untuk saya," kata Thomas.

Temuan ini menunjukkan, wanita bertambah tua bukanlah malapetaka dan suram untuk kehidupan seksual. Kuantitas seks mungkin berkurang, tapi kualitas akan lebih baik.