Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Lanjutkan Stop Disini

Pria Wajib Ketahui 3 Warna Sperma Ini

Liputan6.com, Jakarta Selain memperhatikan kesehatan penis secara fisik, pria juga wajib mengetahui warna dari spermanya.

Normalnya warna sperma adalah putih pudar atau mirip dengan langit yang berawan. Namun sperma juga dapat berubah warna tergantung dari beberapa faktor, seperti makanan yang dikonsumsi hingga faktor kesehatan.

Mengutip laman blackdoctor.org, ditulis Senin (10/10/2016) tiga warna dari sperma berikut ini adalah kondisi yang paling sering terjadi pada sperma pria, dan penting agar pria mengetahui lebih lanjut apa yang menyebabkan perubahan warna pada sperma mereka.

1. Putih

Warna sperma putih atau seperti abu-abu berawan adalah warna yang normal. Biasanya sperma juga bertekstur kental, namun setelah 30 menit sperma akan mencair.

2. Kuning

Tidak perlu khawatir jika sperma berubah menjadi kuning. Kondisi ini terjadi ketika ejakulasi yang terlalu cepat dan menyebabkan sperma keluar di awal dan berwarna kuning.

Namun jika warna sperma cenderung lebih sering berwarna kuning, ada kemungkinan bahwa pria mengalami leukocytospermia, di mana sel darah putih berada di tingkat tinggi. Kondisi ini juga biasanya disertai dengan gejala fisik lainnya, jika perubahan sudah terlihat tidak normal segera hubungi dokter.

3. Merah

Dalam istilah medis, sperma merah disebut sebagai hematospermia. Kondisi ini menjadi salah satu tanda dari masalah medis serius seperti penyakit menular seksual (PMS) atau prostat.

Hal ini berasal dari peradangan dari satu tabung, saluran, atau kelenjar pada penis. Radang seperti ini juga dapat berasal dari PMS seperti gonorrhea, klamidia, dan infeksi bakteri yang menyerang darah dan masuk ke dalam sperma.