Sukses

Cegah Kanker Prostat dengan Makanan Ini

Makanan berikut ini bisa membantu melindungi prostat Anda.

Liputan6.com, Jakarta Kanker prostat menjadi kanker nomor dua yang paling sering dialami pria setelah kanker kulit. Satu dari tujuh pria di Amerika didiagnosa terkena kanker yang mematikan ini.

Sebenarnya, diet bisa memainkan peran utamanya dalam mencegah kanker prostat. Makanan berikut ini bisa membantu melindungi prostat Anda.

1. Tomat
Sudah sejak lama, tomat dipercaya bisa melindungi kesehatan prostat Anda. Berdasarkan penelitian University of Bristol, mengonsumsi 10 porsi tomat setiap minggu bisa menurunkan risiko terkena kanker prostat hingga 18 persen. Kabar baiknya, manfaat tomat tidak hanya didapat dari buah utuh tapi juga jus tomat ataupun tomat yang menjadi campuran masakan.

2. Kacang kedelai
Meski kacang kedelai bisa menurunkan testosteron, sebuah studi yang diterbitkan Nutrition and Cancer melaporkan bahwa terapi kekurangan testosteron bisa menghambat pertumbuhan sel-sel prostat. Sehingga, mengonsumsi kedelai bisa membantu untuk pencegahan kanker prostat.

3. Teh hijau
Dilansir Rodale Wellness, Selasa (11/10/2016) teh hijau kaya antioksidan juga polifenol. Teh hijau sudah terbukti bisa melawan kanker. Tak hanya membantu mencegah oksidasi sel, tapi juga mampu menghentikan penyebaran sel-sel kanker dengan mendorong kematian sel alami. Studi dari Case Western University mengatakan, kemampuan tersebut menjadikan teh hijau sangat baik untuk mencegah kanker dan bermanfaat bagi mereka yang menjalani pengobatan kanker prostat, terutama kanker yang tidak responsif terhadap pengobatan konvensional.

4. Kopi
Sebuah studi yang diterbitkan Annals of Onclogy menemukan kopi termasuk minuman yang mengandung antioksidan, yang berkaitan erat dengan kanker prostat. Memang, studi tersebut tidak mengatakan apakah kopi benar bisa mencegah kanker prostat. Tapi, ada banyak manfaat bila Anda minum kopi dari daerah Jawa karena kemampuan untuk melindungi terhadap bakteri MRSA (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus) dan bersifat menenangkan otot. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ubi jalar

5. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung lebih banyak polifenol dibanding sayur bayam dan teh hijau. Ini membantu mendorong kematian sel sehat dari sel-sel kanker. Ubi jalar juga kaya vitamin B, beta-karoten, zat besi, kalsium dan seng.

6. Sayuran tinggi nutrisi
Kubis, brokoli, kembang kol merupakan makanan yang termasuk jenis keluarga kubis. Sayuran ini tinggi nutrisi dan fitokimia yang bersifat anti kanker. Bahkan, sebuah tinjauan terbaru menunjukkan makan sayuran jenis ini mampu menurunkan risiko kanker prostat.

7. Ikan
Omega-3 tak hanya mampu menyehatkan otak tapi juga bisa mengobati peradangan prostat. Makan satu hingga tiga omega-3 porsi setiap bulan bisa menurunkan risiko hingga 36 persen kanker prostat.

Namun, tidak semua ikan kaya omega-3 memiliki efek hebat tersebut. Peneliti Swedia menemukan ikan asin atau asap bisa meningkatkan risiko pria terkena kanker prostat. Sementara minyak ikan mampu memberikan kesehatan terhadap prostat.

8. Kacang kenari
Sebuah percobaan pada tikus yang dilakukan University of California menemukan kenari bisa memperlambat pertumbuhan kanker prostat. Kenari memang tinggi lemak, namun lemak tersebut rupanya bisa mendorong pertumbuhan kanker prostat. Kenari tampaknya memiliki senyawa lain selain omega-3 untuk melawan kanker prostat. Kacang kenari juga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini