Sukses

Ingin Tidur yang Lebih Nyenyak? Coba 5 Minuman Ini

Jika Anda suka sulit mendapatkan tidur yang nyenyak, bisa jadi hal ini akibat insomnia.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda suka sulit mendapatkan tidur yang nyenyak atau mungkin suka terbangun di malam hari kemudian susah untuk kembali tidur, bisa jadi hal ini akibat insomnia.

Insomnia adalah masalah umum yang dapat mengganggu energi, suasana hati, kesehatan, dan kemampuan Anda untuk berfungsi secara maksimal pada siang hari. Jika mengalaminya, mungkin Anda perlu mencoba beberapa minuman alami yang memiliki efek menenangkan tubuh dan pikiran.

Berikut ini adalah lima minuman yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak seperti dilansir dari Purewow, Senin (10/10/2016). Namun pastikan untuk meminumnya satu jam sebelum Anda benar-benar ingin tidur, seperti:

1. Teh chamomile

Teh ini telah digunakan sebagai obat tidur herbal yang telah digunakan selama berabad-abad. Studi yang dilakukan oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI) telah menunjukkan bahwa teh chamomile mengandung efek menenangkan ketika dikonsumsi, sehingga dapat memudahkan Anda tidur lebih nyenyak.

2. Teh akar valerian

Teh ini juga merupakan obat tidur herbal yang sudah dipakai berabad-abad, karena tanaman ini dapat mengurangi gejala insomnia. Anda juga bisa mencampurkannya dengan bahan-bahan herbal lainnya, seperti lemon balm atau chamomile. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jus ceri

3. Jus ceri

Ceri mengandung melatonin dengan kadar yang tinggi. Melatonin adalah hormon pemicu tidur yang juga membantu mengatur jam internal Anda.

4. Susu

Segelas susu hangat dapat membantu Anda menjadi lebih rileks, karena susu mengandung triptofan, yaitu asam amino yang akan memberikan sinyal ke otak untuk melepaskan serotonin yang akan membuat Anda mengantuk. Selain itu, susu juga sarat dengan kalsium yang membantu mengurangi stres.

5. Susu almond

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Orthomolecular Medicine, menunjukkan bahwa kacang almond mengandung kalsium dan magnesium yang sangat penting untuk tidur yang lebih lelap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.