Sukses

Ini 6 Mitos Aneh Seputar Menstruasi

Mungkin masih ada pengetahuan yang keliru atau mitos aneh mengenai menstruasi yang dipercaya oleh sebagian orang.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, masih saja ada mitos yang keliru bahkan aneh mengenai menstruasi yang masih dipercaya oleh sebagian orang.

Untuk mengklarifikasi beberapa mitos aneh tentang menstruasi, berikut ini adalah penjelasan yang diberikan oleh kepala eksekutif dari Family Planning Association, Natika H. Halil, seperti dilansir dari Metro, Senin (10/10/2016):

1. Darah menstruasi berhenti ketika berada di dalam air

“Hanya karena Anda tidak melihat banyak darah, bukan berati darah menstruasi berhenti. Sebenarnya periode Anda tetap berlangsung, namun karena adanya tekanan dari air, membuat darah tidak mengalir keluar vagina,” ujarnya.

Halil pun menyarankan bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas tersebut harus memakai tampon. ”Jika Anda ingin berenang, Anda bisa menggunakan tampon atau mooncup untuk memastikan darah tidak menyebar ke dalam air,” lanjutnya.

2. Anda tidak bisa berenang di laut karena hiu akan mencium darah menstruasi dan mencoba memakan Anda

Sama sekali tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan hal ini. Selain itu, darah yang berasal dari pembuluh darah dan darah menstruasi secara kimia sangat berbeda, sehingga hiu tidak akan tertarik dengan cara yang sama.

3. Ketika sedang menstruasi, Anda perlu menghindari aktivitas berat

Selama menstruasi Anda tetap dapat melakukan segala macam aktivitas yang biasanya dilakukan ketika sedang tidak menstruasi.

4. Hindari makanan dingin dan bertelanjang kaki selama menstruasi, karena rasa dingin akan membuat kram perut memburuk

Kram perut akibat menstruasi berasal dari rahim, sehingga kaki yang dingin atau es krim misalnya, tidak akan mempengaruhinya.

5. Ketika Anda melalui masa menopause, aliran darah yang super deras selama beberapa bulan tidak apa-apa

Walaupun perubahan hormonal saat menopause adalah hal yang normal, namun pendarahan yang sangat berat dapat mengindikasikan beberapa masalah kesehatan yang serius. Jika terjadi, lebih baik segera periksakan diri ke dokter.

6. Jangan keramas saat menstruasi

Sama sekali tidak ada alasan untuk tidak mencuci rambut atau mandi selama menstruasi. Bahkan, mandi air hangat dapat meringankan kram akibat menstruasi dan ketegangan saat pra-menstruasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini