Sukses

5 Hal yang Perlu Pria Lakukan Saat Wanita Menstruasi

Bagaimana seorang pria harus bersikap saat menghadapi perempuan yang sedang menstruasi?

Liputan6.com, Jakarta Pria tidak perlu cemas saat berhadapan dengan perempuan yang sedang menstruasi. Meski terkadang harus menerima disalahkan tanpa alasan yang jelas. Memang begitulah kondisi yang harus pria terima saat pasangan sedang menstruasi.

Dr Boyke Dian Nugraha pun punya cara untuk para pria saat harus berhadapan dengan perempuan yang sedang menstruasi, seperti dikutip dari Vidio.com pada Senin (10/10/2016)

1. Menurut Boyke, hal pertama yang harus dilakukan pria adalah menyadari bahwa perempuan mudah sekali sensitif dan marah-marah tidak jelas selama menstruasi karena perubahan hormon yang terjadi di tubuhnya. Hal itu turut mengubah perilakunya.

"Hormon estrogen dan progesteron yang tinggi akan drop saat menstruasi sehingga sangat mengganggu mood si perempuan tersebut," ujar Boyke.

Selama menstruasi pula, lanjut Boyke, kulit wajah ikut terpengaruh sehingga muncul jerawat-jerawat yang dapat mengganggu penampilan mereka. "Akibatnya, perempuan yang sedang menstruasi itu mudah marah," kata Boyke menambahkan.

2. Berbicaralah seperlunya saja karena ditakutkan justru dapat menyinggung perempuan yang sedang menstruasi tersebut.

"Kalau memang si pria mau pamit pergi cukup bilang, 'Aku pergi dulu, ya'. Tidak usah ditanya-tanya lagi, mau titip makan apa, maunya apa, karena jawaban yang keluar terkadang tidak mengenakkan. Jadi, ngomong seperlunya saja," kata Boyke menyarankan.

3. Anjurkan pasangan Anda untuk minum lebih banyak dan konsumsi pil penambah darah. Boyke menjelaskan, tak jarang perempuan yang sedang menstruasi mengalami kekurangan darah apalagi kalau dasarnya sudah mengalami anemia atau kekurangan darah.

4. Ajak pasangan Anda keluar rumah untuk melihat yang hijau-hijau. Seperti pergi ke taman dan menghirup udara bebas. Atau kalau mau di rumah saja, tontonlah film-film yang bisa membuat mereka yang sedang menstruasi itu tertawa.

5. Perempuan yang sedang menstruasi mudah sekali gemuk karena akan banyak sekali mengemil akibat pengaruh suasana hati. Jadi, hindarkan mereka dari mengemil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini