Sukses

Perempuan Lebih Sensitif Selama Menstruasi, Pria Harap Maklum

Penyebab perempuan lebih sensitif dan galak saat menstruasi. Pria harap maklum apabila menghadapi perempuan yang menstruasi

Liputan6.com, Jakarta Perempuan menstruasi identik dengan perasaan yang lebih sensitif. Mudah sekali bad mood, tersinggung, dan gampang marah. Sampai-sampai pria tak berani untuk mendekat. Tak berbuat apa-apa saja bisa kena "semprot", apalagi kalau melakukan satu tindakan yang justru dinilai salah oleh perempuan yang sedang menstruasi tersebut?

Dr Boyke Dian Nugraha menjelaskan kondisi tidak mengenakkan itu lumrah terjadi pada perempuan yang sedang haid atau menstruasi. Tak lain karena terjadinya perubahan hormon selama mereka datang bulan.

"Hormon estrogen dan progesteron yang tinggi akan drop saat perempuan menstruasi. Sehingga sangat mengganggu mood perempuan tersebut," kata Boyke dikutip dari Vidio.com pada Senin (10/10/2016)

Belum lagi menstruasi turut memengaruhi kulit dan kelembaban vagina mereka. Timbul jerawat yang semakin memperparah keadaan karena membuat perempuan yang sedang menstruasi itu jadi tidak percaya diri.

"Akibatnya, si perempuan tersebut mudah sekali marah. Terkadang tanpa alasan yang jelas, perempuan itu bisa menyalahkan laki-laki yang ada di sebelahnya padahal tidak berbuat apa-apa. Wajah pun ditekuk selama mereka menstruasi," kata Boyke.

Oleh karena itu Boyke menyarankan para pria untuk lebih memaklumi kondisi tersebut. Hormon yang turun drastis selama menstruasi membuat perempuan jadi lebih sensitif dan keki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.