Sukses

6 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Sebelum Tidur

Berikut ini adalah enam hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan pada malam hari, terutama jika Anda kurang tidur.

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan tidur malam yang cukup serta berkualitas baik, sangat penting untuk suasana hati, tingkat energi, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

“Ketika seseorang menderita insomnia atau masalah tidur lainnya, seringkali hal ini diakibatkan oleh sesuatu yang mereka lakukan. Hal ini mungkin secara tidak sengaja mengganggu waktu tidurnya, ketika seharusnya mereka sudah bersiap untuk tidur,” ujar seorang psikiatri dan anggota dari Behavioral Sleep Medicine Program dari University of Pennsylvania, Michael Grandner, PhD.

Dilansir dari Health, Senin (10/10/2016), berikut ini adalah enam hal yang sebaiknya Anda tidak lakukan di malam hari, terutama jika Anda kurang tidur:

1. Menggunakan elektronik

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan elektronik sebelum tidur, dapat mengganggu tidur Anda.

“Lampu biru yang dipancarkan dari komputer, smartphone, tablet, dan televisi, dapat mencegah produksi melatonin yang membantu tubuh menjadi mengantuk," ujar penulis Sleep Soundly Every Night, Feel Fantastic Every Day, Robert Rosenberg, DO. Sehingga ia menyarankan agar menghindari penggunaan teknologi serta cahaya birunya, setidaknya satu jam sebelum tidur.

2. Meminum obat-obatan tertentu

“Efeknya mungkin terasa halus, namun beberapa obat dapat membuat Anda merasa waspada selama beberapa jam setelah meminumnya,” ujar Grandner. Contohnya anti depresan, dapat memiliki efek kuat yang akan mengganggu kualitas tidur Anda. Bahkan beberapa obat dapat mengganggu perut dan membuat tidur terasa lebih sulit. Lebih baik coba bicarakan dengan dokter mengenai waktu yang tepat untuk meminum obat-obatan tersebut.

3. Memakan cokelat

Cokelat hitam khususnya, mengandung jumlah kakao dan kafein yang tinggi. “Banyak orang mungkin tidak berpikir bahwa memakan es krim yang mengandung cokelat atau kopi, bisa membuat mereka terjaga,” ujar Grandner.

4. Mengecek email

Selain fakta dari lampu biru yang dipancarkan oleh perangkat teknologi, mengecek email sebelum tidur juga akan mengganggu waktu tidur Anda.

 “Jika melihat email kantor dilakukan sangat dekat dengan waktu tidur, hal ini dapat membuat Anda gugup, gelisah, atau bahkan bisa membuat Anda kepikiran dengan hal-hal yang harus dilakukan esok hari,” ujar Grandner.

Ia menambahkan, “Kecuali jika Anda sedang menunggu email tertentu yang akan membuat santai dan membantu tidur lebih baik, saya akan menyarankan hal itu.”

5. Merokok

"Selain buruk bagi kesehatan, merokok juga dapat mengganggu tidur Anda. Banyak orang merokok untuk bersantai, namun nikotin adalah stimulan dan dapat membuat insomnia semakin memburuk, terutama jika melakukannya dekat dengan waktu tidur Anda, ” ujar Grandner.

6. Melakukan sesuatu yang menarik

Membaca di tempat tidur, bisa menjadi kegiatan yang baik jika hal tersebut dapat membuat Anda lelah, sama seperti merajut, menjahit, atau misalnya mengatur album foto. Namun jika kegiatan tersebut malah membuat Anda tidur sangat larut, kegiatan ini jadi tidak baik lagi.

“Ketika saya membaca di malam hari, saya terlalu asyik dan terlalu masuk dalam cerita tersebut. Ketika melihat jam sudah menunjukkan pukul 03.00 pagi. Jika hal ini juga terjadi pada diri Anda, coba lebih berhati-hatilah dalam memilih kegiatan sebelum tidur, serta tetapkan batas waktu jika Anda memutuskan untuk melakukannya,” ujar Grandner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.